Sambut Hut Bhayangkara ke-78 dan HKGB ke-72, Polres Konut Gelar Donor Darah, Bakti Kesehatan

Advertisements

KONUT, RUBRIKSATU.com – Kepolisian Resor (Polres) Konawe Utara (Konut) menggelar bakti kesehatan berupa kegiatan donor darah menjelang Hari Bhayangkara ke-78 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-72 tahun 2024 pada Kamis (20/6/2024).

Bakti kesehatan ini diadakan di Aula Sanika Satyawada, Mapolres Konawe Utara, Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara. Donor darah ini merupakan inisiatif dari Kapolres Konut AKBP Priyo Utomo, bersama Ketua Bhayangkari Cabang Konawe Utara Rosana Priyo Utomo.

Ketua Bhayangkari Cabang Konawe Utara Rosana Priyo Utomo turut hadir dan menjadi pendonor, diikuti oleh Wakapolres Kompol Urva Lomansyah, para pejabat utama (PJU), para Kapolsek jajaran, serta personel dan pengurus Bhayangkari Cabang Konawe Utara.

Advertisements

Pelaksanaan kegiatan donor darah ini dilakukan oleh tim Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara yang dipimpin oleh dr. Rita Rukmiyanti.

Pada kegiatan tersebut, tim berhasil mengumpulkan 64 kantong darah dengan rincian golongan darah O sebanyak 23 kantong, golongan darah A sebanyak 20 kantong, golongan darah B sebanyak 17 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 4 kantong.

Sebelum melakukan donor darah, para pendonor yang terdiri dari personel Polres, pengurus Bhayangkari Cabang Konawe Utara, serta masyarakat melaksanakan skrining kesehatan oleh tim dokter PMI untuk memastikan kondisi kesehatan pendonor. Sebanyak 17 orang yang telah mendaftar tidak lolos skrining dan tidak dapat berdonor.

Kapolres Konawe Utara, AKBP Priyo Utomo, menyatakan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan bentuk bakti kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama guna menolong nyawa orang lain. “Donor darah juga memberi manfaat dan keuntungan bagi kesehatan pendonor, seperti menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, membantu menurunkan berat badan, membakar kalori, dan deteksi dini risiko kesehatan,” ujarnya.

Ketua Bhayangkari Rosana Priyo Utomo juga menekankan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Bhayangkari Cabang Konawe Utara karena satu kantong darah dapat menyelamatkan nyawa orang lain dan baik untuk kesehatan diri pendonor. “Satu kantong darah dapat menyelamatkan nyawa orang lain dan juga baik untuk kesehatan diri pendonor,” ungkapnya.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *