Juhra Sabet Juara I Nasional Lomba Pendamping Desa Inspiratif

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Juhra SPd, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Aere Kabupaten Koltim, menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara I dalam Lomba Pendamping Desa Inspiratif tingkat nasional tahun 2023.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Dr. Abdul Halim Iskandar, pada acara Jambore Nasional dan Hari Bakti Pendamping Desa, yang berlangsung di Kabupaten Timur Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Jumat (6/10/2023).

Setelah menerima penghargaan ini, Juhra membagikan pengalamannya. Ia awalnya terpilih sebagai Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dan mendapat undangan langsung dari Kemendes untuk menerima penghargaan terkait TPP Inspiratif.

“Kami diarahkan untuk mengikuti lomba. Koltim mengirimkan 13 peserta, dan saya adalah salah satu yang lolos di tingkat provinsi. Bersama dengan tiga orang dari PLD dan tiga orang dari PD, kami diutus dari Provinsi Sultra. Saya alhamdulillah masuk dalam lima besar nasional,” ungkap Juhra.

Pada tanggal 3 Oktober lalu, ia mengikuti serangkaian tes untuk bersaing menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Tes meliputi presentasi, best practice, wawancara, dan penulisan ide vidoner. Setelah melalui seleksi ketat, Juhra berhasil masuk dalam tiga besar TPP Inspiratif 2023.

“Tema yang saya angkat untuk Koltim adalah ‘merubah lahan tidur menjadi lahan persawahan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa’. Saya mendampingi empat desa, yaitu Desa Aere, Aladadio, Tinete, dan Rubia, dan mengangkat keunggulan masing-masing desa. Alhasil, kami terpilih sebagai yang terbaik,” terangnya.

Dengan pencapaian gemilang ini, Juhra berharap dapat menjadi motivasi bagi semua orang untuk menggali ide-ide inspiratif dalam memajukan desa. Bersama-sama, kita dapat membangun Koltim dengan sepenuh hati.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati Kolaka Timur, Bapak Camat Aere, seluruh kepala desa, dan semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan sehingga saya dapat meraih prestasi ini,” pungkasnya.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *