Wakapolres Konut Memimpin Latihan Praoperasi Bina Karuna Anoa 2024

Advertisements

KONUT, RUBRIKSATU.com – Kepolisian Resor Konawe Utara (Konut) melalui Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) AKP Archye Nevadha, S.I.K., M.H, mengadakan kegiatan latihan praoperasi Bina Karuna Anoa 2024 pada Jumat (22/3/24).

Latihan Praoperasi Bina Karuna 2024 dilaksanakan di Aula Sanika Satyawada Polres Konut dan dipimpin oleh Wakapolres Kompol Urva Lomansyah, S.Si., S.I.K., M.H, dengan dihadiri oleh Kadis BPBD Konawe Utara, para Kabag, Kasat, Kasi, dan personel Polres Konawe Utara.

Operasi Bina Karuna Anoa 2024 merupakan operasi rutin Polri yang berlangsung selama 10 hari mulai tanggal 23 Maret hingga 2 April 2024. Operasi ini bertujuan untuk mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta banjir di wilayah hukum Polres Konawe Utara dengan fokus pada tindakan preemtif dan preventif.

Sebanyak 34 personel terlibat dalam pelaksanaan operasi Bina Karuna 2024 dengan target operasi yang meliputi orang, barang, lokasi, dan kegiatan. Adapun tujuan dari operasi ini antara lain:

1. Mencegah dan meminimalkan korban jiwa dan kerugian materi akibat bencana banjir dan Karhutla.

2. Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan.

3. Membangkitkan kesadaran masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi Karhutla.

4. Menjadi langkah antisipasi terhadap bencana banjir dan tanah longsor.

5. Memetakan wilayah rawan banjir di Konawe Utara.

6. Meningkatkan sinergi dengan instansi terkait dalam sosialisasi penanggulangan bencana kepada masyarakat.

Wakapolres Konut, Kompol Urva Lomansyah, menyatakan bahwa operasi Bina Karuna 2024 ini akan mengedepankan fungsi Binmas dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat binaan dengan upaya preemtif dan preventif dalam upaya pencegahan.

Kapolres Konawe Utara, AKBP Priyo Utomo, S.H., S.I.K, melalui pesan WhatsApp menyampaikan pentingnya melaksanakan operasi Bina Karuna sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing personel yang terlibat, demi mencapai visi dan misi Polres Konut yang berfokus pada konsistensi, integritas, loyalitas, menuju kesuksesan melalui kerjasama yang erat.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *