Safari Ramadan di Rutan Unaaha: Kabid Pembinaan Minta Warga Binaan Penuhi Hak dan Kewajiban

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Safari Ramadan 2024 di Rutan Kelas IIB Unaaha pada Senin (25/3/2024).

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024.

Pembukaan acara dimulai dengan pembacaan kitab suci Alquran. Kabid Pembinaan & Bimtek IT Kanwil Kemenkumham Sultra, La Ludi, menyampaikan pesan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk mematuhi aturan dan tata tertib di dalam Rutan.

Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya pelaksanaan kewajiban oleh seluruh WBP, termasuk pembinaan rohani dan kemandirian, agar hak-hak mereka dapat terpenuhi.

“Warga binaan sekalian, kalian memiliki hak-hak meskipun sedang menjalani pidana, namun hak tersebut hanya dapat terpenuhi jika kewajiban-kewajiban kalian juga dilaksanakan dengan baik,” ungkap La Ludi.

Selain kepada WBP, La Ludi juga memberikan instruksi kepada seluruh petugas Rutan Unaaha untuk memberikan hak-hak warga binaan dengan baik, terutama bagi mereka yang telah mematuhi kewajibannya dengan baik.

“Jangan melakukan pelanggaran yang dapat mengakibatkan tertundanya hak bersyarat saudara-saudara. Meskipun tidak ada yang sempurna, namun kita harus terus berupaya untuk memperbaiki diri. Rutan hanyalah jembatan, kesuksesan saudara tergantung pada diri saudara sendiri,” ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Kultum dari Pembina Kerohanian dan buka bersama antara jajaran Kanwil, pegawai Rutan, dan warga binaan.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *