Bawaslu Konawe “Masuk Sekolah” Ajak Pemilih Pemula Berperan Aktif

Advertisements

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pemilih pemula, dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2024.

Kegiatan terbaru ini melibatkan SMK Swasta Kesehatan Unaaha di Kelurahan Asinua, Kecamatan Unaaha, pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Ketua Bawaslu Konawe, Abuldan, menekankan bahwa Bawaslu berusaha memaksimalkan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan mendatangi sekolah-sekolah. Tujuannya adalah untuk mengajak pemilih pemula, khususnya pelajar, untuk berperan aktif dalam pengawasan partisipatif demi terciptanya pemilu yang bebas, adil, dan jujur.

Abuldan juga memberikan imbauan kepada siswa-siswi SMK Kesehatan Unaaha untuk tidak menjual suaranya, serta menggunakan hak pilih dengan bijaksana. Suara dari generasi muda dianggapnya memiliki dampak besar terhadap nasib bangsa dan negara untuk lima tahun ke depan.

Advertisements

“Kesuksesan pemilu tahun 2024 dianggap sebagai tanggung jawab seluruh elemen masyarakat, termasuk generasi muda sebagai regenerasi penerus bangsa,” ungkap Abuldan.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Konawe, Restu Tebara, juga memberikan penekanan pada peran penting pemilih pemula.

Restu bilang, bahwa pemilih pemula merupakan kelompok rentan yang perlu diberi pengetahuan mendalam mengenai kepemiluan dan hal-hal yang dilarang. “Kesadaran dan partisipasi aktif dari pemilih pemula diharapkan dapat meminimalisir pelanggaran pemilu,” tukasnya.

Dalam acara tersebut, juga hadir Kepala Sekolah SMK Kesehatan Muhamad Iksan dan Kepala Sekretariat Bawaslu Konawe, Astuti Salam, bersama siswa-siswi SMK Kesehatan Unaaha.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *