JSI Rilis Hasil Survei Pilkada Konawe, Pasangan Rusdianto-Fachry Puncaki Elektabilitas

Advertisements

KONAWE, rubriksatu.com– Jaringan Suara Indonesia (JSI) resmi merilis hasil survei Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2025-2030, pada Kamis, 3 Oktober 2024, di sebuah hotel ternama di Kota Kendari.

Direktur JSI, Popon Lingga Geni, mengungkapkan bahwa pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Rusdianto – Fachry Pahlevi Konggoasa (RD-FPK), berada di puncak elektabilitas dengan perolehan 44,1 persen. Mereka diikuti oleh paslon nomor 3, Harmin Ramba – Dessy Indah Rachmat (HADIR) dengan 34,8 persen, dan paslon nomor urut 1, Yusran Akbar – Syamsul Ibrahim (YA-SYAM) di angka 18,2 persen.

“Pemilih yang belum menentukan pilihan masih sebesar 2,9 persen,” ungkap Popon di hadapan para media.

Popon menjelaskan bahwa tingginya elektabilitas paslon RD-FPK didorong oleh tingkat pengenalan yang mencapai 94,3 persen dan kesukaan responden sebesar 89,1 persen. Menurutnya, popularitas dan persepsi positif terhadap Rusdianto sebagai tokoh berperan besar dalam peningkatan elektabilitas paslon tersebut.

“Tingkat pengenalan dan kesukaan masyarakat terhadap Rusdianto menjadi faktor utama yang memengaruhi hasil survei ini,” jelas Popon.

Selain itu, paslon nomor urut 2 dinilai lebih memahami persoalan daerah serta memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Popon juga menyebut dukungan dari tokoh-tokoh penting seperti Kery Saiful Konggoasa (KSK) dan Ali Mazi (LA) turut memberikan dorongan besar bagi pasangan RD-FPK.

Popon, alumni Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, juga menjelaskan bahwa survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 18-23 September 2024, dengan melibatkan 440 responden di 28 kecamatan di Konawe. Survei memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar 4,8 persen.

JSI sendiri telah terbukti memiliki rekam jejak yang kuat dalam politik Sulawesi Tenggara, termasuk keberhasilan dalam mengantarkan beberapa tokoh politik seperti Nur Alam, Kery Saiful Konggoasa, dan Haliana ke kursi kepemimpinan di berbagai wilayah. Terbaru, JSI juga berhasil memprediksi perolehan enam kursi oleh PAN Konawe dalam Pileg 2024.

Laporan redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *