Polres Konawe Sosialisasikan Pelaksanaan Tugas Polisi RW di Polsek Jajaran

Rubriksatu.com, KONAWE – Polres Konawe melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai pelaksanaan tugas polisi Rukun Warga (RW) di Polsek jajaran Polres Konawe. Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan di Balai Kelurahan Laosu, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Konawe, AKP Kadek Sudiadnyana.

Turut hadir, Kapolsek Bondoala AKP Agus Darmanto, Danramil 1417-09/Sampara diwakili oleh Serda Syaripudin, Camat Bondoala Aludin Kamase, Camat Kapoiala diwakili oleh kasi kependudukan Asrun, Camat Morosi diwakili oleh Sekcam Hafid, PNPP Polsek Bondoala, Para Lurah/Kepala Desa se Kecamatan Bondoala, Kapoiala dan Kecamatan Morosi.

Kegiatan polisi RW & Dusun merupakan upaya Kepolisian dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang mana Para personel yang ditugaskan di lingkungannya masing-masing itu hadir untuk melihat, mencatat, mendengar, dan mencarikan solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Kasat Binmas Polres Konawe, Kadek Sudiadnyana menjelaskan, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tentang peran dan fungsi polisi RW dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya sinergi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Ia menekankan bahwa peran polisi RW memiliki peran yang vital dalam mendukung upaya kepolisian dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Sosialisasi ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar. Polisi RW memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang baik antara kepolisian dan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga memberikan penekanan mengenai tugas dan tanggung jawab polisi RW, seperti patroli lingkungan, pengamanan acara, penyelesaian konflik, dan upaya pencegahan tindak kejahatan di tingkat masyarakat. Ia juga mengajak masyarakat untuk aktif berperan serta dalam melaporkan segala bentuk tindak kejahatan atau hal-hal yang mencurigakan kepada polisi RW atau pihak kepolisian.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya kepolisian dalam memberdayakan peran masyarakat dalam menjaga keamanan di tingkat lokal. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih aktif berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan yang aman dan terbebas dari tindak kejahatan,” pungkasnya.

Selain itu, acara sosialisasi ini dihadiri oleh para tokoh masyarakat, perangkat desa, dan warga sekitar. Para peserta diberikan pemahaman yang mendalam mengenai peran dan tugas polisi RW serta pentingnya kerja sama antara masyarakat dan kepolisian dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Laporan Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *