Pemda Koltim Kerahkan Alat Berat untuk Atasi Pendangkalan Sungai di Ladongi Jaya

Advertisements

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Menghadapi masalah pendangkalan sungai di Lorong Produksi, Kelurahan Ladongi Jaya, Kecamatan Ladongi, Bupati Kolaka Timur Abd Azis SH MH memerintahkan pengerukan segera. Pada Rabu (12/6/2024), Dinas PUPR Koltim mulai melaksanakan pengerukan sungai dengan menurunkan sejumlah alat berat.

Pendangkalan sungai ini disebabkan oleh luapan air banjir yang terjadi, dan pengerukan ini merupakan salah satu upaya pemeliharaan sungai atau bendungan. Lurah Ladongi Jaya, Mukhtar Tidjang SGz, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga fungsi sungai atau bendungan sebagai saluran air yang aman dan optimal.

“Alhamdulillah, Pemda Kolaka Timur, dalam hal ini Bapak Bupati, segera mengarahkan UPT Workshop PU Koltim dan Pemerintah Wilayah Kecamatan Ladongi serta Kelurahan Ladongi. Mereka dibantu oleh penduduk setempat seperti Gapoktan, Poktan, dan P3A, bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan pengerukan di sungai atau bendungan yang berada di Lorong Produksi ini, dekat Sanggar Tani Kelurahan Ladongi Jaya,” ujar Mukhtar di sela-sela pengerukan.

Mukhtar menambahkan bahwa kolaborasi antara berbagai pihak ini memastikan kesiapan menghadapi musim tanam kedua tahun ini dengan baik dan optimal.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan pengerukan ini, diharapkan sungai atau bendungan di daerah irigasi dapat berfungsi dengan optimal sebagai saluran air yang aman dan berfungsi baik dalam menghadapi musim tanam nanti,” tuturnya optimis.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *