Basarnas Kendari Sukses Gelar Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2024

KENDARI, RUBRIKSATU.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari telah resmi menutup operasi Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah, yang diadakan sejak 3 April hingga 18 April 2024. Apel penutupan ini dilaksanakan di Pelataran Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari, diikuti oleh seluruh personel Basarnas Kendari.

Kepala KPP Kendari, Muhammad Arafah, dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anggota yang telah menjalankan tugas di lapangan dengan profesionalisme tinggi, memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR.

“Tujuan dari pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran ini adalah untuk menciptakan pelayanan SAR yang profesional, sinergi, dan militan, mendukung kebijakan pemerintah dalam menyelenggarakan siaga SAR khusus bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait, sehingga dapat berlangsung dengan selamat dan aman,” ujar Arafah.

Selama periode Siaga SAR khusus Lebaran, Basarnas Kendari berhasil menjalankan operasi SAR yang melibatkan penyelamatan satu orang yang dilaporkan hilang di hutan di Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. Korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

Basarnas Kendari menurunkan personil ASN sebanyak 117 orang selama pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran tahun ini. Pembagian personil meliputi, antara lain, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari 56 orang, KN SAR Pacitan 13 orang, serta pos SAR di Kolaka, Baubau, Wakatobi, Konawe Utara, dan beberapa unit lainnya.

Dalam hal sarana, digunakan berbagai peralatan seperti Perahu Karet, Jet Ski, RIB, kapal, Rescue Car, Ambulance, ATV, dan lainnya. Peralatan medis, evakuasi, komunikasi, ekstraksi, selam, dan peralatan pendukung keselamatan lainnya juga dipersiapkan dengan baik.

Lokasi Siaga SAR khusus meliputi sejumlah pelabuhan dan bandara di Sulawesi Tenggara, serta tempat-tempat wisata dan terminal angkutan darat di Kendari, Kolaka, Baubau, Wakatobi, Luwu Timur, Konawe Utara, dan Muna.

Dengan kesuksesan ini, Basarnas Kendari berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kesiapsiagaan dalam operasi SAR, memberikan rasa aman bagi masyarakat yang berpergian selama periode libur Lebaran serta dalam situasi darurat lainnya.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *