Banjir Melanda Sejumlah Wilayah di Koltim, Rusak Infrastruktur dan Sawah

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Tingginya intensitas hujan yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) sejak sore hingga malam kemarin, 28 Februari 2024, menyebabkan kerusakan infrastruktur publik.

“Dua jembatan semi permanen/jembatan kayu di Desa Watuoha mengalami kerusakan parah, sementara di Desa Iwoimenggura, sejumlah rumah warga tergenang air,” ungkap Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Koltim Made Ratmawan, Kamis (29/2/2024).

Selain itu, lanjutnya, banjir juga mengepung sekitar 100 hektar sawah di Desa Tumbudadio, Kecamatan Tirawuta. Saat ini, sawah tersebut berada pada umur padi sekitar 60 hari. Banjir di persawahan ini dipicu oleh tidak mampunya sungai/saluran pembuangan menampung debit air yang cukup besar, ditambah dengan masalah pendangkalan dan sedimentasi pada alur sungai.

Ditambahkan, pihak terkait sedang melakukan evaluasi dan penanganan cepat terhadap kerusakan infrastruktur. Upaya juga dilakukan untuk memastikan bantuan dan dampak pada sektor pertanian, khususnya pada tanaman padi yang tengah mengalami kondisi kritis. Pemerintah daerah terus berkoordinasi untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada warga yang terdampak banjir.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *