Inspeksi Mendadak oleh PJ Bupati  Tanggapi Membludaknya Jumlah Pasien di BLUD Konawe

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Harmin Ramba, selaku Penjabat Bupati Konawe, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe pada Minggu, 25 Februari 2024. Sidak tersebut dilakukan sebagai respons terhadap isu membludaknya pasien di Unit Gawat Darurat (UGD).

“Kehadiran saya hari ini untuk melihat secara langsung kondisi di RS Konawe terkait membludaknya pasien, yang mayoritas mengalami demam, yang diduga disebabkan oleh perubahan cuaca atau panca roba. Saat ini, semua sudah tertanggulangi,” ujar Harmin Ramba.

Harmin Ramba menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan investigasi terkait penyebab lonjakan jumlah pasien di RS Konawe. Langkah pencegahan akan dilakukan di enam lokasi dengan melakukan Fogging secara bersamaan di Besulutu, Kota Unaaha, Wawotobi, Uepai, Onembute, dan Amonggedo.

“Pada hari Senin, saya akan memimpin rapat terkait kegiatan Fogging tersebut. Langkah pencegahan ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut,” tambahnya.

Selain itu, Harmin Ramba menekankan kepada Direktur BLUD RS Konawe, dr. Abdul Rahman Matta, M.Kes, dan jajarannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di RS, terutama di Unit Gawat Darurat (UGD).

“Saya instruksikan agar pasien diberikan pelayanan terlebih dahulu tanpa memandang status BPJS atau umum. Urusan administrasi dapat diurus belakangan. Tanggung jawab terhadap pasien tidak mampu adalah tanggung jawab pemerintah, dan laporan terkait hal ini harus disampaikan kepada saya,” tegas Harmin Ramba.

Harmin Ramba juga meminta kepada bagian perencanaan RS Konawe untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan gedung, sehingga RS Konawe dapat memberikan suasana yang nyaman, mirip dengan hotel berbintang.

“Dengan suasana yang nyaman, diharapkan pasien merasa lebih baik dan semangat untuk pulih lebih cepat,” tambahnya.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *