Pleno PPS di Tingkat PPK Kecamatan Lantari Jaya Sukses Digelar

Advertisements

BOMBANA, RUBRIKSATU.com -Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pemilihan Umum tahun 2024 tingkat Kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Bombana, berlangsung lancar dan sukses. Rapat Pleno terbuka yang berlangsung dari Minggu, 18 hingga 21 Februari 2024, berhasil dilaksanakan dengan baik.

Proses penghitungan perolehan suara sah dan tidak sah dari seluruh calon legislatif diselesaikan secara efisien oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Lantari Jaya, Bombana.

Kegiatan rapat pleno terbuka di tingkat PPK dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Pengawas Kelurahan Desa (PKD), aparat kepolisian dari Polsek Lantari Jaya, serta saksi dari para calon legislatif yang dilengkapi dengan surat mandat dari calon yang disaksikan. Turut hadir pula PPS dan sekretariat.

Ketua PPK Kecamatan Lantari Jaya, Asfar, menjelaskan bahwa tujuan dari rapat pleno terbuka ini adalah untuk merekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pada pemilihan umum di tingkat PPK Lantari Jaya. Asfar memberikan apresiasi kepada PPS dan KPPS dari sembilan desa dengan jumlah TPS sebanyak 26 yang telah menyukseskan pelaksanaan pemilu, khususnya di Kecamatan Lantari Jaya.

“Proses rekapitulasi dilakukan dengan menyandingkan hasil C plano dengan C salinan di kotak suara presiden untuk memudahkan proses pleno. Namun, setelah pleno PPS di tingkat PPK, hasil C dimasukkan ke dalam kotak yang disediakan oleh KPU Kabupaten Bombana,” ungkap Asfar.

Asfar menekankan, meskipun demikian, seluruh logistik lainnya tetap dimasukkan sesuai dengan kotak suara masing-masing. Dengan demikian, rapat pleno ini tidak hanya menyelesaikan proses rekapitulasi, tetapi juga memperhatikan perbaikan kesalahan penempatan suara yang dapat mempengaruhi hasil akhir pemilu di tingkat kecamatan.

Selanjutnya, jadwal rencana pergeseran kotak suara ke KPU akan disesuaikan dengan kondisi selanjutnya.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *