Respon Cepat PJ Bupati Konawe Atasi Krisis Air di Desa Puulowaru

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Penjabat Bupati (PJ) Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, memberikan respon cepat terhadap kondisi krisis air bersih di Desa Puulowaru, Kecamatan Besulutu, Minggu (17/12/2023).

Kunjungan mendadak dilakukan setelah menerima informasi dari Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto, S.IK, MH. Harmin Ramba langsung meninjau sumur-sumur warga dan memerintahkan bantuan segera.

“Saya tadi ada acara keluarga (pesta), tiba-tiba dapat telepon dari Pak Gubernur yang menyampaikan bahwa di Desa Puulowaru Kecamatan Besulutu terjadi krisis air bersih. Untuk itu saya segera ke sini melihat secara langsung seperti apa kondisinya,” ungkap Harmin Ramba.

Meski kaget karena tidak menerima laporan sebelumnya, Harmin memaklumi dan menganggap informasi tersebut penting demi kebaikan warga. Setelah meninjau sumur warga, dia langsung memerintahkan Dinas PUPR dan BPBD untuk membantu dengan pemboran enam sumur bor.

“Kita akan bantu 6 titik sumur bor di Desa Puulowaru. Insya Allah awal bulan Januari 2024 dikerjakan. Konstruksi ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan untuk mesin, pipa, dan tandon ditangani oleh BPBD,” janji Harmin Ramba.

Sementara menunggu selesainya pemboran sumur bor, Bupati meminta BPBD Konawe untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga. Pada kesempatan tersebut, Harmin Ramba juga merespons berbagai usulan masyarakat terkait infrastruktur jalan, akses internet, dan pengadaan mobil ambulance di Puskesmas Besulutu.

Untuk rabat jalan sepanjang 600 meter, Harmin berjanji akan diupayakan pada anggaran perubahan 2024. Keluhan terkait Akses Internet (AI) juga mendapatkan perhatian. “Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe melalui Dinas Komunikasi dan Informatika akan menyalurkan bantuan internet gratis dari BAKTI Kementerian Kominfo RI pada 2024 mendatang,” kata Harmin Ramba.

Harmin menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen memenuhi kebutuhan masyarakat, meskipun secara bertahap. Dia menjelaskan capaian dalam tiga bulan kepemimpinannya, terutama dalam menangani isu-isu kritis seperti stunting, inflasi, dan kemiskinan ekstrem.

Sebelum menutup sesi tanya jawab, Harmin Ramba mengimbau seluruh aparat untuk menjaga netralitas pada pemilu 2024 dan memastikan keamanan dan ketertiban di Konawe terjaga.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *