Meningkatkan Kemandirian Puskesmas: Workshop Penyusunan Dokumen BLUD Se-Koltim

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemda Koltim melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas se-Koltim Tahun 2023 di Hotel Claro pada Selasa (12/12/2023).

Workshop ini dibuka oleh Sekda Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, yang mewakili Bupati Koltim. Wahyuni Sri Lestariningsih MA, seorang Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda pada Direktorat BUMD, BLUD, dan BMD Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, juga hadir sebagai narasumber.

Sekda Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa, berharap bahwa melalui workshop ini, setiap puskesmas dapat mengelola keuangan secara mandiri, memberikan fleksibilitas yang lebih besar, dan pada akhirnya meningkatkan kualitas pelayanan.

“Kita berharap bahwa setiap puskesmas yang diwakili oleh 6 orang peserta workshop ini mampu mengelola dokumen dengan baik, dan pada akhirnya dapat bertransformasi menjadi BLUD,” ungkap Sekda.

Wahyuni Sri Lestariningsih menjelaskan bahwa Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) diarahkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sambil mencari keuntungan. Ini terkait dengan tanggung jawab kepala daerah dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dianggap sebagai layanan yang paling mendasar dan wajib.

“BLUD menjadi bagian integral dari pengelolaan keuangan daerah atau pemda, dan memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan,” kata Wahyuni.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *