Bupati Koltim Buka Pelatihan Kelembagaan Petani untuk Pembangunan Pertanian yang Maju

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Bupati Koltim, Abd Azis SH MH, memimpin pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan petani dengan tema “Memperkuat sinergitas kelembagaan penyuluh dan petani dalam mendukung pembangunan pertanian yang maju mandiri dan modern”.

Acara ini, berlangsung di Desa Orawa Rabu (13/12/2023). Kegiatan ini juga dihadiri oleh pimpinan OPD, seratusan penyuluh, dan kelompok tani dari seluruh wilayah Koltim

Bupati Abd Azis menyampaikan bahwa Koltim memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa di antara 17 kabupaten/kota di Sultra.

“Hasil pertanian bukan hanya tentang menanam, tapi tergantung pada bagaimana kita mengelolanya. Lahan yang tidur bukanlah tanah yang tidur, tapi pemilik tanah yang hanya mau tidur tanpa menanam,” ujarnya.

Dalam konteks keberhasilan pertanian di Koltim, Bupati menyoroti peran positif kelompok tani (poktan). “Poktan di Koltim memiliki optimisme yang kuat. Saya berharap dinas terkait terus memberikan pembinaan dan tanggap terhadap persoalan di lapangan,” tambahnya.

Abd Azis juga mengajak penyuluh, poktan, dan gapoktan untuk menjaga silaturahmi dengan OPD terkait agar masalah-masalah di lapangan dapat diidentifikasi. “Untuk meraih tujuan yang diinginkan, kita perlu kecerdasan emosional yang baik,” pintanya.

Dalam penutup sambutannya, Bupati menekankan keagungan profesi petani yang mampu memberi kehidupan bagi semua makhluk di bumi. Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim, Ridwan SPi MSi, dalam laporannya menyebut bahwa pembangunan sektor pertanian di Koltim memiliki potensi yang sangat besar ke depan.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *