APBD Koltim 2024 Ditetapkan : Menyongsong Masa Depan yang Lebih Baik

KOLTIM, RUBRIKSATU.com Langkah strategis bagi kemajuan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) telah diwujudkan melalui penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024. Keputusan ini diumumkan dalam Rapat Paripurna DPRD Koltim pada Kamis malam, 30 November 2023, di salah satu hotel Kota Kendari.

Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir SPd MPd, memimpin rapat yang dihadiri oleh Bupati Koltim Abd Azis SH MH, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Koltim, serta pimpinan OPD lingkup Pemda Koltim. Keberhasilan penetapan APBD ini mengukuhkan komitmen Pemerintah Daerah dalam menjalankan roda pembangunan.

Bupati Abd Azis mengingatkan bahwa penetapan APBD Koltim 2024 mengikuti Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 tahun 2023. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam proses penyusunan APBD ini.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas sinergitas yang baik, sebagai mitra kerja dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Semoga momentum seperti ini dapat terus berlanjut di dalam penyelenggaraan berbagai agenda kegiatan pemerintahan dan pembangunan,” ucap Bupati Abd Azis.

Pemda Koltim menegaskan komitmennya untuk melaksanakan kebijakan dan program secara optimal, mengalokasikan APBD 2024 untuk pembangunan fisik dan non fisik. Dalam upayanya mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran pembangunan, Pemda berfokus pada pemerataan sumber daya alam dan manusia.

Bupati Abd Azis berharap agar anggaran yang dialokasikan digunakan dengan bijak dan tepat sasaran, memberikan dampak positif bagi masyarakat dan daerah Kolaka Timur. Ia menegaskan komitmen eksekutif untuk menindaklanjuti setiap catatan strategis yang disampaikan, sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

Untuk memberikan gambaran, target Pendapatan Daerah dalam APBD 2024 mencapai Rp. 827.399.123.421. Dengan rincian, Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 27.537.112.615 Rupiah, Pendapatan Transfer sebesar 767.505.848.282 Rupiah, dan Pendapatan lain-lain sebesar 32.356.162.524 Rupiah.

Belanja daerah direncanakan sebesar 857.492.489.549 Rupiah, dengan rencana Pembiayaan Daerah yang terdiri dari penerimaan dan pengeluaran pembiayaan. Semua ini mencerminkan komitmen Pemerintah Daerah Koltim untuk mencapai kemajuan yang merata dan berkelanjutan.

Dengan APBD Koltim 2024 yang telah resmi ditetapkan, Kabupaten Kolaka Timur melangkah lebih yakin menuju masa depan yang lebih baik, menghadirkan pembangunan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat. (Adv)

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *