Kolaka Timur Menuju Masa Depan Bebas Kemiskinan Ekstrem di Tahun 2024

KOLTIM, RUBRIKSATU.com Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) memberikan komitmen kuat untuk menghilangkan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024.

Langkah progresif ini dinyatakan dalam rapat penuntasan kemiskinan ekstrem yang dilaksanakan di Kantor Bupati Koltim pada Jumat, 1 Desember 2023, di bawah kepemimpinan Asisten 1 Setda Koltim, Arisman SE.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Koltim memaparkan target ambisius ini, menyatakan keyakinannya bahwa dengan dukungan penuh Bupati Koltim, Abd Azis SH MH, tujuan tersebut dapat dicapai.

Kepala Bappeda-Litbang Koltim, Dr. Mustakim Darwis SP MSi, menjelaskan bahwa pemerintah sangat memprioritaskan kerjasama dengan masyarakat. Beliau menyebutkan bahwa Bupati Koltim secara aktif memerintahkan tim untuk turun langsung ke masyarakat, mengidentifikasi penyebab kemiskinan, dan memberikan bantuan langsung untuk penyelesaian masalah-masalah tersebut.

Meskipun masih ada beberapa kecamatan yang belum masuk data dan koordinat, Dr. Mustakim menekankan pentingnya kerjasama untuk mengidentifikasi kemiskinan ekstrem di seluruh desa. “Dukungan dari Bupati sangat besar; beliau selalu memerintahkan kami untuk segera turun ke masyarakat, menanyakan apa penyebab kemiskinannya, serta langsung dibantu penyelesaian permasalahannya,” ujarnya.

Keterlibatan sektor swasta juga menjadi faktor kunci dalam upaya penuntasan kemiskinan ekstrem di Koltim. Pemda Koltim, di bawah kepemimpinan Bupati, membuka peluang kolaborasi yang luas untuk menanggapi masalah ini.

“Mulai dari Bupati hingga pihak swasta sangat besar dukungannya untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem di Koltim. Dengan kolaborasi semua pihak ini, kita berharap pada tahun 2024, kemiskinan ekstrem akan menjadi nol persen di Kolaka Timur,” ujar Mustakim.

Langkah-langkah konkret ini menjadi bukti bahwa Kolaka Timur tak hanya bercita-cita tinggi, tetapi juga bertindak tegas menuju visi masa depan yang bebas dari kemiskinan ekstrem. Semoga kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dapat menjadi tonggak keberhasilan bagi Kolaka Timur yang lebih sejahtera. (Adv)

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *