Masyarakat Wiawia Keluhkan Serangan Hama Wereng, Pemda Koltim Bergerak

Advertisements

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Masyarakat Desa Wia-Wia, Kecamatan Poli-Polia, telah mengeluhkan serangan hama Wereng Cokelat pada tanaman padi mereka, yang sangat meresahkan. Pemerintah Daerah Kolaka Timur (Pemda Koltim) segera merespons dengan turun tangan untuk membantu mengendalikan hama tersebut melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak).

Kepala Distanak Koltim, Ridwan SPi MSi, menjelaskan bahwa pengendalian hama Wereng Cokelat dilakukan dengan penyemprotan insektisida secara serentak oleh anggota kelompok tani.

“Petugas kami datang dengan membawa racun insektisida, sementara anggota kelompok tani menyiapkan alat penyemprot berupa Hand Sprayer. Penyemprotan ini biasanya dilakukan pada sore hari,” kata Ridwan pada Kamis (5/10/2023).

Advertisements

Ridwan menjelaskan, racun yang diberikan kepada kelompok tani disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, sehingga lebih efektif dan efisien. Hal ini juga menghindari sisa racun yang tidak digunakan oleh petani, karena sisa tersebut dapat digunakan oleh kelompok lain yang membutuhkannya.

“Pada minggu ini, kami telah melakukan dua kali penyemprotan seperti ini. Yang pertama dilaksanakan pada tanggal 30 September di Kecamatan Ladongi dengan pola yang sama,” tambahnya.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *