Pegawai Rutan Unaaha Raih Dua Penghargaan di Diklat Kesamaptaan

 

KONAWE, RUBRIKSATU.COM – Prestasi gemilang ditorehkan oleh pegawai Rutan Kelas IIb Unaaha dalam Diklat Kesamaptaan VII yang diselenggarakan oleh Badiklat Sulawesi Utara di Resimen Induk Komando Daerah Militer XIII/ Merdeka, Manado, dari tanggal 20 hingga 31 Agustus 2023.

Pegawai tersebut berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu Juara Umum Terbaik Pelatihan Kedisiplinan Pemasyarakatan dan Juara Terbaik Tripola Dasar Bidang Jasmani. Pengumuman prestasi ini dilakukan saat penutupan pelatihan pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Wira Nanda, penerima dua penghargaan tersebut, mengaku kaget dan tidak menyangka bisa meraih prestasi tersebut secara bersamaan. “Saya tidak menyangka bisa mendapatkan dua penghargaan ini sekaligus. Peserta lain juga memiliki kemampuan yang hebat, saya hanya memberikan yang terbaik dari apa yang saya miliki selama pelatihan,” ungkap Wira.

Kepala Rutan Unaaha Herianto menjelaskan, diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik, mental, dan kedisiplinan petugas pengaman pemasyarakatan. Sebanyak 40 peserta dari 10 Kantor Wilayah Kemenkumham di wilayah kerja Badiklat Sulawesi Utara turut serta dalam kegiatan ini.

“Kami berharap, para peserta dapat menjadi agen perubahan positif yang mampu menggerakkan perubahan dalam menciptakan sistem pemasyarakatan yang lebih baik di masa depan,” jelasnya.

Selama pelatihan, masih kata Herianto, peserta mendapatkan pengetahuan dalam berbagai bidang seperti kesehatan lapangan, menembak, navigasi, kode etik dan integritas pemasyarakatan, kesegaran jasmani A/B, PUDD, PBB, BDM, dan kebijakan pembangunan SDM Kemenkumham.

Selain prestasi Wira, pada acara yang sama, Kepala Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Wahju Prihandono, juga memberikan piagam penghargaan kepada peserta terbaik dalam bidang pengetahuan dan keterampilan, yaitu Hasrul Hesa Mahendra dari Lapas Kelas III Mamasa, serta peserta terbaik dalam bidang sikap dan perilaku, Gunawan Apriatno dari Rutan Kelas II B Pasangkayu.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *