Dua Kloter Jamaah Haji Koltim Tiba, Satu Meninggal Dunia

Rubriksatu.com, KOLTIM – Dua kloter Jamaah Haji Koltim telah kembali ke tanah air, namun kabar tersebut juga disertai duka cita karena satu jamaah meninggal dunia.

Penerimaan jamaah haji dilakukan oleh Bupati Koltim Abd Azis SH MH, bersama Kapolres Koltim AKBP Yudhi Palmi DJ SIK MSi, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Kepala Kemenag Koltim H Muhammad Kadir Azis Al Yafie SAg MEI, dan Ketua TP. PKK Koltim Hartini Azis AMa, di Rujab Bupati Koltim pada Jumat (28/7/2023) sore.

Kedua kloter tersebut adalah kloter 30 dan 31 Embarkasi Makassar. Total jamaah haji yang diberangkatkan dari kedua kloter tersebut bulan lalu berjumlah 179 orang, dari total keseluruhan jamaah haji Koltim 2023 sebanyak 228 orang.

Namun, saat kembali, terjadi penurunan satu jamaah karena meninggal dunia di Kota Mekkah. Jamaah yang meninggal adalah Hj. Rusnaeni Naga, yang berasal dari Kecamatan Lambandia. Sehingga, total jamaah yang kembali dari kedua kloter ini adalah 178 orang.

Sementara itu, 49 jamaah haji tambahan rencananya akan menyusul dalam beberapa hari ke depan. Mereka juga akan diterima di Rujab Bupati Koltim seperti saat mereka diberangkatkan bulan lalu menuju Tanah Suci Mekkah.

Dalam sambutannya, Bupati Koltim menyampaikan rasa syukur yang tinggi kepada Allah SWT atas kembalinya jamaah haji dari Kloter 30 dan 31 asal Koltim, meskipun ada satu jamaah yang meninggal dunia.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada jamaah haji, kami berharap semoga semua jamaah haji menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Penting untuk diketahui bahwa jumlah Jamaah Haji Koltim tahun ini mencapai 228 orang, yang merupakan jumlah jamaah terbesar sejak Koltim terbentuk. Pencapaian ini juga menempatkan Koltim sebagai yang terbesar ketiga di Sulawesi Tenggara, setelah Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *