Polisi Amankan WNA Asal Malaysia

Advertisements

RUBRIKSATU.COM, KONAWE – Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP) Polsek Wonggeduku Polres Konawe berhasil mengamankan seorang warga negara asing (WNI) asal Negeri Jiran Malaysia pada Selasa 25 April 2023 kemarin.

WNA bernama Muhamad Haribu Bin Hasanem (48) itu diamankan di Desa Tetemotaha Kecamatan Wonggeduku Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara sekira pukul 22.30 Wita.

Kapolsek Wonggeduku IPDA Kasibun, SM saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Kata dia, selama berada di Desa Tetemoraha, yang bersangkutan tinggal bersama dengan istrinya bernama Sriniwati.

Menurut Kapolsek, setelah mengamankan WNA tersebut, PNPP Polsek Wonggeduku melakukan koordinasi dengan pihak imigrasi Kota kendari untuk penanganan lebih lanjut.

“Yang bersangkutan kita amankan untuk kemudian kami serahkan ke pihak imigrasi Kendari” kata Kapolsek Wonggeduku, IPDA Kasibun, SM, Rabu 26 April 2023.

Lebih lanjut Kasibun menjelaskan WNA Mahamad Haribu datang dan tinggal di Indonesia karena ikut dengan istrinya Sriniwati (48) Warga Desa Tetemotaha Kecamatan Wonggeduku Kabupaten Konawe.

“Saat itu mereka datang pada tahun 2010 silam dan melangsungkan pernikahan di Desa Tetemotaha. Setelah itu mereka kembali lagi ke Malaysia,” jelas Kapolsek.

Masih kata Kapolsek Wonggeduku, pada bulan Mei tahun 2015 WNA Muhamad Haribu bersama istrinya datang kembali di Indonesia menggunakan visa kunjungan. Sementara Paspor dari negara Malaysia tanggal 29 Juli 2015 dan masa berlaku paspor sampai tanggal 29 Juli 2020 serta memiliki visa kunjungan selama bulan lamanya.

“Setelah itu visa kujungan dan paspor tidak pernah lagi di perpanjang, istri dari WNA Muhamad Haribu karena beralasan mahal dan tidak memiliki uang,” terangnya.

Selama di Desa Tetemotaha, WNA itu bekerja sebagai buruh tani. Karena keseringan mabuk, sang istri sudah tidak tahan dan mengadukan hal itu kepada pemerintah Desa. Kemudian Kades melaporkan ke pihak Polsek Wonggeduku.

“WNA ini sering komunikasi dengan keluarganya di Malaysia melalui via telpon dan Video Call, WNA Muhamad Haribu rindu ingin pulang ke negaranya akan tetapi dia tidak memiliki uang sehingga stress dan meminum – minuman keras,” pungkas Kapolsek Wonggeduku.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *