Polres Konawe Utara Gelar Operasi Cipkon Jelang Pilkada Serentak 2024

Advertisements

Konawe Utara – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Kepolisian Resor (Polres) Konawe Utara (Konut) semakin intensif melaksanakan operasi cipta kondisi (Cipkon) dan cooling system untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan damai di wilayah tersebut.

Operasi Cipkon yang merupakan bagian dari kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dan cooling system, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Konut AKP Archye Nevadha, S.I.K., M.H. Kegiatan tersebut berlangsung di simpang empat Kelurahan Andowia, Kecamatan Andowia, Konawe Utara, pada Sabtu (13/9/2024) sekitar pukul 21.00 WITA.

AKP Archye Nevadha menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Nomor: SPRIN/670/IX/OPS.1.3./2024, di mana 82 personel Polres Konut diturunkan untuk melaksanakan operasi dengan sasaran utama senjata tajam (sajam), minuman keras (miras), narkotika, serta pelanggaran kasat mata pada kendaraan roda dua dan roda empat.

“Operasi Cipkon kita malam ini menargetkan senjata tajam, miras, narkotika, serta kendaraan dengan pelanggaran kasat mata seperti penggunaan knalpot brong, sesuai laporan masyarakat dalam kegiatan Jumat Curhat di Balai Kelurahan Andowia beberapa waktu lalu,” ungkap AKP Archye.

Ia menambahkan bahwa operasi Cipkon dan cooling system ini bertujuan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif menjelang Pilkada serentak pada 27 November 2024.

“Kami menghentikan kendaraan dengan pendekatan yang humanis serta memberikan himbauan kepada pengendara agar selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan saat berkendara,” tambahnya.

Dalam operasi yang berlangsung selama dua jam tersebut, personel Polres Konut melalui Satuan Lalu Lintas berhasil mengamankan 15 unit kendaraan roda dua dengan rincian barang sitaan 10 unit sepeda motor, 3 lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta 2 buah Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kapolres Konawe Utara, AKBP Priyo Utomo, S.H., S.I.K, melalui pesan WhatsApp grup, menegaskan bahwa operasi Cipkon dan cooling system harus dilakukan dengan pendekatan humanis untuk menjaga kondusifitas kamtibmas.

“Kegiatan ini merupakan komitmen Polres Konawe Utara sebagai penanggung jawab kamtibmas dalam rangka Pilkada serentak 2024, guna memastikan situasi yang aman dan kondusif,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *