Pemda Koltim Serahkan Bantuan Tenaga Kerja Mandiri kepada 20 Kelompok

Advertisements

Koltim, rubriksatu.com– Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) kembali menyalurkan Bantuan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) kepada 20 kelompok pada Jumat pagi. Penyerahan bantuan ini dilakukan langsung oleh Bupati Koltim, Abd Azis SH MH, di Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Koltim. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Perluasan Kesempatan Kerja Se-Koltim Tahap I Tahun 2024.

Bupati Abd Azis menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan wujud kepedulian Pemda untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. “Saya mengajak penerima bantuan untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pastikan bantuan ini tidak hanya dikuasai oleh ketua kelompok, tetapi dibicarakan secara bersama agar manfaatnya merata,” ungkapnya.

Ia juga menekankan pentingnya keharmonisan di daerah menjelang pilkada yang akan datang. “Dengan anggaran yang besar untuk pilkada, kita harus menciptakan suasana yang rukun dan teduh. Jika daerah kita damai, maka program-program dari pusat dapat terealisasi dengan baik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati mengungkapkan, tahun lalu Pemda Koltim menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 80 miliar Rupiah, dan diprediksi akan meningkat menjadi hampir 200 miliar Rupiah pada tahun 2025. “Peningkatan ini berkat kolaborasi antara pemerintah daerah, provinsi, dan pusat, serta dukungan masyarakat yang guyup dan rukun,” tambahnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Koltim, Bio Mansur SPd MPd MSi, menjelaskan bahwa bantuan tahap I ini disalurkan kepada 20 kelompok TKM yang telah terverifikasi di 12 kecamatan se-Koltim. Bantuan terdiri dari berbagai bidang, antara lain perbengkelan, pertukangan, mesin jahit, pandai besi, salon, pakan ayam, tahu tempe, dan las listrik.

Dengan penyerahan bantuan ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Koltim dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *