Bupati Kolaka Timur Buka Rapat Koordinasi Satgas Pangan dan Penyerahan Bantuan B2SA 2024

Advertisements

KOLTIM, rubriksatu.com – Bupati Kolaka Timur secara langsung membuka Rapat Koordinasi Satgas Pangan dan Penyerahan Bantuan B2SA di Kabupaten Kolaka Timur tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Rujab Bupati Desa Matabondu pada Kamis (25/07/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dr. Ir. Idarwaty, M.M, Forkopimda, OPD, TP-PKK, perwakilan desa, serta narasumber Rakor yaitu Kepala BPS Kolaka Timur Fazri Suhendar, S.H., M.A.P, Deputi Bank Indonesia Perwakilan SULTRA Adik Afrinaldi, Kepala BMKG Kolaka Aris Yunatas, dan Kepala PERUM BULOG Kolaka.

Dalam sambutannya, Bupati Kolaka Timur menegaskan pentingnya memastikan tidak ada spekulan dan penimbun komoditas yang memanfaatkan situasi sulit masyarakat akibat inflasi.

“Saya meminta Satgas Pangan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk melakukan kegiatan yang bisa menenangkan masyarakat, mencegah terjadinya panic buying, dan memastikan kehadiran pemerintah di tengah kesulitan melalui beberapa intervensi yang akan dilakukan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang,” ungkapnya.

Bupati Kolaka Timur juga menjelaskan bahwa pemerintah telah melaksanakan beberapa kegiatan intervensi dalam pengendalian inflasi pangan. Kegiatan tersebut dikoordinasikan oleh TPID Kolaka Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan, termasuk Gerakan Pangan Murah, pemantauan harga secara kontinu, serta monitoring stok, pasokan, dan harga pangan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Dr. Ir. Idarwaty, M.M, menyebutkan bahwa tujuan Rakor ini adalah untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan guna mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga. Ini juga mendukung program pemerintah dalam penanganan lokasi prioritas intervensi penurunan stunting dan pengentasan kemiskinan.

”Harapannya, masyarakat Kabupaten Kolaka Timur menjadi masyarakat yang aktif, mandiri, produktif, dan sejahtera,” jelasnya.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *