Polres Konawe dan Polsek Puriala Gelar Penanaman Pohon

Advertisements

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Kepolisian Resor Konawe dan Polsek Puriala menggelar acara penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 pada Kamis (27/05/2024).

Kapolsek Puriala, IPDA Nur Avivin, S.H., mengatakan bahwa sebelum penanaman pohon dilaksanakan, acara diawali dengan mengikuti kegiatan zoom meeting tingkat Mabes Polri.

Setelah itu, penanaman pohon secara simbolis dimulai oleh Waka Polres Konawe, Camat Puriala, Danramil Lambuya, para kepala desa, BKSDA Puriala, dan tokoh masyarakat.

“Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan yang dirangkaikan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024,” kata IPDA Nur Avivin,

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan menanam pohon di sekitar rumah atau di lahan kosong adalah untuk membantu mencegah banjir dengan dua cara.

“Dua cara itu adalah, pertama, pohon dapat berfungsi sebagai penghalang alami yang memperlambat aliran air hujan menuju rumah, dan kedua, akar pohon memiliki kemampuan menyerap air dalam jumlah besar, mengurangi risiko kelebihan air yang membanjiri rumah,” jelasnya.

Menanam pohon juga dapat menghasilkan oksigen (O2), yang merupakan sumber kehidupan dan unsur esensial yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan dalam proses respirasi, saat bernapas.

“Apabila kita kekurangan pasokan oksigen, tentu manusia dan hewan akan menderita sakit dan sesak napas,” jelas Kapolsek Puriala.

Hadir dalam kegiatan ini Wakapolres Konawe, Kompol Jamaluddin Saho, Kabag Sumdah Polres Konawe, AKP Deddy Sutrisno, Camat Puriala, Jasmin, Kapolsek Puriala, IPDA Muh. Nur Avivin, Danramil Lambuya yang diwakili oleh Serka Ambo Dalle, Kepala Resor BKSDA Puriala, para kepala desa se-Kecamatan Puriala, Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Konawe, Asni Jamal, beserta anggota, dan Ketua Bhayangkari Ranting Puriala, Hasrianti Vivin, beserta anggota.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *