Bupati Koltim : Pupuk Subsidi Harus Tepat Sasaran

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Bupati Kolaka Timur, Abd Azis SH MH, menegaskan bahwa pendistribusian pupuk subsidi di daerah ini harus tepat sasaran dan sampai ke petani yang benar-benar membutuhkan.

Pernyataan ini disampaikan pada Jumat, 7 Juni 2024, usai memastikan bahwa Kolaka Timur tahun ini mendapatkan kuota tambahan pupuk bersubsidi sebesar 10.456 ton, yang meliputi pupuk Urea, NPK Ponskha, dan NPK Formula Khusus.

“Penyaluran pupuk subsidi di Kolaka Timur kita pastikan tepat sasaran sampai ke petani yang benar-benar membutuhkan. Kita tidak ingin ada oknum-oknum yang memanipulasi dan bermain,” tegas Bupati Abd Azis, menyambut baik kuota tambahan pupuk ini.

Menurut Bupati, jika penyaluran ini tepat sasaran, maka harapan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan petani akan dapat terwujud. Namun, jika tidak tepat sasaran, maka akan merugikan banyak pihak, terutama pemerintah daerah dan petani langsung.

“Jadi saya tegaskan lagi, penyaluran pupuk subsidi ini tidak boleh dimanfaatkan oleh oknum tertentu yang dapat merugikan pemerintah dan petani,” tambahnya.

Pemda Koltim melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) telah menggelar kegiatan sosialisasi pemutakhiran data Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) Pupuk Subsidi 2024 pada Kamis kemarin.

Kepala Distanak Koltim, Ridwan, S.Pi, mengatakan bahwa tahun ini, update data petani di e-RDKK sebagai penerima pupuk bersubsidi bisa dilakukan hingga empat kali, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya sekali.

Kata dia, Ini berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pertanian Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Sektor Pertanian.

“Dari kuota awal itu sebenarnya tidak cukup untuk satu kali musim tanam saja, namun dengan adanya tambahan pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat ini, bisa mencapai dua kali musim tanam,” harapnya.

Ridwan juga menyatakan bahwa tambahan kuota pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat ini tidak terlepas dari komitmen Bupati Koltim dalam mendorong kesejahteraan para petani di daerah ini.

Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Kolaka Timur dan mendukung kesejahteraan para petani. Pemda Koltim berkomitmen untuk memastikan bahwa distribusi pupuk bersubsidi ini dilakukan dengan transparan dan akuntabel, sehingga petani dapat merasakan

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *