Lantik 84 Panwascam, Ketua Bawaslu Konawe : Jaga Integritas dan Profesionalisme

Advertisements

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Konawe resmi melantik 84 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada Jumat (24/5/2024).

Ketua Bawaslu Konawe, Abuldan, menegaskan pentingnya menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas pengawasan.

Dalam sambutannya, Abuldan menekankan agar anggota Panwascam tidak terlibat dalam kepentingan calon bupati (Cabup) atau partai politik (Parpol) manapun. “Panwascam jangan mau terlibat dengan kepentingan calon atau partai manapun. Jaga integritas,” ujar Abuldan dengan tegas.

Abuldan juga menyampaikan beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh anggota Panwascam dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Pertama, mereka harus mewaspadai benturan kepentingan yang mungkin timbul. Kedua, harus siap menghadapi isu-isu liar dan hoax yang berkembang di masyarakat, yang berpotensi mengganggu jalannya Pilkada.

Advertisements

“Isu-isu hoax sangat rawan terjadi dan bisa mengganggu jalannya Pilkada. Anggota Panwascam harus selalu siaga dan memiliki langkah mitigasi atau pencegahan yang maksimal,” tambahnya.

Abuldan menekankan bahwa tugas dan tanggung jawab Panwascam bukan hanya mengawasi tahapan penyelenggaraan dan penindakan, tetapi juga melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran.

Menurutnya, pencegahan adalah langkah penting agar kejadian negatif di Pemilu sebelumnya tidak terulang kembali di Pilkada mendatang.

Di akhir sambutannya, Abuldan berpesan agar anggota Panwascam menjalin kerjasama yang baik dengan sesama penyelenggara pemilu serta pihak terkait lainnya untuk memastikan pengawasan berjalan lancar dan efektif.

Dengan pelantikan ini, diharapkan anggota Panwascam dapat menjalankan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab dan berkomitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan dalam proses Pilkada. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *