Rakor Pendidikan 2024 di Koltim, Bupati: Tingkatan Kualitas Guru dan Tata Kelola Pendidikan Daerah

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pendidikan Tahun 2024 di Aula Pemda Koltim pada Sabtu (6/1/2024).

Acara ini mengusung tema “Meningkatkan kualitas guru dan tenaga pendidik, penguatan tata kelola, dan ketercapaian rapor pendidikan daerah untuk mendukung gerakan membangun dan melayani masyarakat (Gemas) Koltim.”

Bupati Koltim Abd Azis SH MH membuka rakor tersebut yang dihadiri oleh Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, pimpinan OPD, dan ribuan guru serta kepala sekolah se-Koltim.

Dalam sambutannya, Bupati Abd Azis menyampaikan bahwa membangun karakter Sumber Daya Manusia (SDM) anak didik membutuhkan kekompakan, kepiawaian, kecerdasan emosional, spiritual, dan intelektual yang bagus. Dia mengapresiasi kehadiran para guru dengan kecerdasan tersebut.

“Bapak dan ibu guru, membangun jalan, membuat perencanaan, dan lain-lain bisa dilakukan asalkan ada uang. Tapi membangun SDM anak-anak kita yang unggul adalah pekerjaan luar biasa, dan itu ada pada bapak ibu guru semua. Kehadiran kalian hari ini menunjukkan kecerdasan emosional, spiritual, dan intelektual yang bagus,” ujar Bupati Abd Azis.

Bupati menekankan agar setiap guru berinovasi sesuai amanah yang diberikan. Tanggung jawab dan amanah tersebut harus dijaga dengan baik agar memberikan dampak positif kepada masyarakat.

“Jangan berfikir ditempatkan di daerah terpencil adalah bencana, tapi bisa menjadi jalan untuk sukses. Setiap kegiatan dan gerakan pasti akan ada cerita, jalani saja sesuai dengan rel dan aturan yang ada,” pesan Bupati.

Bupati juga meminta semua pihak, termasuk kepala sekolah dan guru, untuk menjaga nama baik daerah ini di manapun dan kapanpun. Dia berharap agar masyarakat dapat menjaga marwah diri, keluarga, dan daerah.

Selain itu, Bupati Abd Azis mengajak kepala sekolah dan guru untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai, walaupun berbeda pilihan. Dia berharap seluruh masyarakat dapat saling menyayangi dan mencintai.

Pada akhir sambutannya, Bupati Abd Azis tidak menutup diri terhadap kritik dan masukan. “Saya tidak anti kritik, silahkan kritik dan beri masukan dengan tetap memperhatikan etika dan kebiasaan yang sesuai dengan norma,” tutupnya.

Sekda Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, menyampaikan harapannya kepada peserta. Dia mengungkapkan bahwa rakor merupakan kegiatan biasa yang perlu dilakukan, baik pada awal tahun maupun akhir tahun. Selama 11 tahun berdiri, baru kali ini Pemda Koltim berhasil menghadirkan peserta sebanyak ini.

“Kegiatan rakor ini hal biasa yang harus dilakukan, bisa awal tahun atau akhir tahun. Selama 11 tahun Koltim berdiri, baru kali ini pesertanya sebanyak ini,” ujar Sekda.

Plt. Kadis Dikbud Koltim, Syarif, menyampaikan harapannya agar kepala sekolah dan guru dapat bersinergi dengan pemerintah dalam mencerdaskan anak-anak Koltim. Dia menyebut bahwa dengan kerjasama yang baik, cita-cita menuju dunia pendidikan emas 2045 bisa terwujud.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *