Pimpin Apel HAB Ke-78, Bupati Koltim: Semangat Pengabdian dan Pelayanan Maksimal

Advertisements

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Bupati Koltim Abd Azis SH MH memimpin apel dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 Tingkat Kabupaten Koltim Tahun 2023. Apel ini digelar di Halaman Rujab Bupati Koltim Desa Matabondu, pada Rabu (3/1/2024),

Acara dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh penting, termasuk Kapolres Koltim AKBP Yudhi Palmi DJ SIK MSi, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Wakil Ketua DPRD Koltim Hj Rahmatia Lukman SE MSi, dan Kepala Kantor Kemenag Koltim H Muhammad Kadir Azis Al Yafie.

Dalam amanatnya, Bupati Koltim Abd Azis membacakan sambutan tertulis Menteri Agama (Menag) KH Yaqut Cholil Qoumas. Menag mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan dalam mewujudkan segala cita dalam pembentukan Kementerian Agama.

Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama, Menag menyampaikan harapannya agar semangat pengabdian dan perjuangan terus meningkat, khususnya dalam menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai pilar kerukunan nasional.

Menag menekankan bahwa Kementerian Agama memiliki tugas yang tidak ringan, salah satunya menjaga harmoni kehidupan beragama. Hal ini dilakukan dengan memberikan layanan adil, transparan, dan akuntabel kepada seluruh umat beragama. Selain itu, tugas berat juga melibatkan membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama.

Advertisements

Melalui berbagai program dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama, termasuk Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, dan Kemandirian Pesantren, Kementerian Agama terus berupaya memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat. Menag menegaskan bahwa keberhasilan ini bukan tanpa kekurangan, dan perlu evaluasi untuk perbaikan program mendatang.

Momentum pergantian tahun dan HAB ke-78 Kementerian Agama dianggap sebagai saat yang tepat untuk memperbaiki diri. Menag mengajak seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan semangat layanan kepada umat beragama dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Tema “Indonesia Hebat Bersama Umat” menjadi semangat untuk bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik.

Menag juga mengingatkan akan adanya peristiwa politik pada tahun 2024, yaitu Pemilihan Umum. Ia meminta ASN Kementerian Agama menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan. Menag mengajak untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat dan menghindari politik identitas, terutama identitas keagamaan.

Sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian, Kementerian Agama memberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada sejumlah Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama. Bupati Koltim turut menyerahkan bantuan dari Kemenag Koltim, seperti bantuan operasional sekolah, bantuan operasional kepada kerukunan umat beragama, dan Baznas kepada penerima yang berhak.

”Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama,” pungkasnya.

Pimpinan daerah menyampaikan apresiasi dan harapannya agar semangat pengabdian ini terus tumbuh di seluruh lingkungan Kementerian Agama. Dengan semangat bersama, diharapkan Kementerian Agama mampu memberikan kontribusi positif dalam membangun bangsa dan negara.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *