Semangat Bela Negara Berkobar di Hari Peringatan ke-75 PDRI di Konawe

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Polres Konawe memeriahkan Hari Bela Negara (HBN) ke-75 tahun dengan menggelar upacara di halaman Mako Polres Konawe pada Selasa (19/12/2023) pukul 08.00 WITA.

Upacara ini dilaksanakan dengan khidmat dan penuh semangat untuk memperingati Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang bersejarah pada 19 Desember 1948 di Sumatera Barat.

Tema acara, “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju,” menjadi panggilan untuk menyatukan semangat bela negara guna kemajuan bangsa. Inspektur Upacara, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K, didampingi oleh Perwira Upacara Kapolsek Wawotobi Iptu Hamsar, S.H, dan Komandan Upacara Ipda Rusli Jaya.

Peserta upacara terdiri dari 1 Peleton Perwira Polres Konawe, 1 Peleton Barisan Satsamapta, 1 Peleton Gabungan Staf Polres, 1 Peleton Gabungan Polsek, 1 Peleton Gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan Sat Narkoba, serta 1 Peleton Barisan Bersenjata.

Dalam sambutan tertulisnya, Kapolres Konawe menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi semakin kompleks, melibatkan ancaman fisik dan non-fisik seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, dan krisis iklim. Semangat Bela Negara menjadi landasan untuk menjadikan masyarakat tangguh dan cerdas di tengah ketidakpastian.

“Jiwa Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, melainkan memerlukan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat,” tegasnya. Menekankan bahwa Bela Negara bukan hanya terkait aspek militer, melainkan mencakup seluruh lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kapolres Konawe menutup sambutannya dengan mengajak semua untuk berkontribusi dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara,” ungkap AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *