Sekda Koltim dan Kepala Daerah Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Tingkat Provinsi

KENDARI, RUBRIKSATU.com – Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, mewakili Bupati Koltim, bersama sejumlah Kepala Daerah, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Sultra. Acara tersebut dipimpin oleh Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, di Hotel Sahid Azizah Syariah Kota Kendari, pada Kamis (16/11/2023).

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Andap Budhi Revianto menjelaskan bahwa Rakor ini bertujuan untuk memperkuat sinergi, strategi, dan menekan angka inflasi di Provinsi Sultra. Upaya ini diharapkan dapat menciptakan kebijakan bersama yang efektif untuk mengendalikan inflasi dan mendukung stabilitas ekonomi.

“Melalui Rakor ini, diharapkan dapat dirumuskan langkah-langkah konkret yang mampu meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar daerah dalam menghadapi tantangan pengendalian inflasi,” ujar Pj Gubernur.

Gubernur menyoroti pencapaian terkini terkait inflasi Sultra yang semakin terkendali. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka inflasi mengalami penurunan setiap bulannya. Sultra berhasil menekan laju inflasi dari 3,46 persen pada bulan September menjadi 3,14 persen pada bulan Oktober 2023.

“Meski begitu, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, dan instansi terkait diminta untuk tidak berpuas diri dan tetap waspada dalam mengendalikan inflasi di wilayahnya masing-masing,” tegas Andap.

Gubernur menekankan kepada seluruh kepala daerah untuk melaksanakan langkah-langkah pengendalian inflasi sesuai rekomendasi dari BPS dan Bank Indonesia. Langkah-langkah tersebut mencakup Gerakan Pangan Murah, Gerakan Pasar Murah, menjaga fluktuasi harga beras, menjaga stabilitas harga BBM dan bahan bakar rumah tangga, operasi pasar, serta terus serap anggaran pengendalian inflasi.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *