Pemda Koltim Terus Galakkan Penanggulangan Kekeringan Esktrim

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi memimpin Rapat Koordinasi terkait rencana penanganan bencana kekeringan ekstrim di Koltim Tahun 2023 di Aula Rapat Sekda Koltim, pada Senin (23/10/2023).

Rapat ini turut dihadiri oleh Kapolres Koltim, AKBP Yudhi Palmi DJ SIK MSi, perwakilan Kejari, dan Kodim Kolaka, serta sejumlah pimpinan OPD dan pihak terkait. Sekda Koltim memberikan himbauan kepada seluruh pihak terkait untuk segera melaksanakan kegiatan penanggulangan kekeringan ekstrim.

Kepala Pelaksana BPBD Koltim, Dewa Made Ratmawan SST MT, menjelaskan bahwa bencana kekeringan ekstrim dan fenomena El Nino telah terjadi di beberapa lokasi di seluruh kecamatan Koltim sejak pertengahan Agustus. “Laporan kejadian bencana ini disusun berdasarkan volume curah hujan yang kategorinya rendah (0-50 mm/bulan), sesuai laporan dari BMKG,” katanya.

Dia juga merincikan dampak dari kekeringan ekstrim ini, termasuk kerusakan pada sektor pertanian. Persawahan puso seluas 656 Ha terdampak, dengan 2531,5 Ha mengalami kerusakan berat. Sementara sektor perkebunan masyarakat mencakup 92 Ha.

Selain itu, ada juga kelompok tani sawah yang terdampak sebanyak 92 kelompok, serta 663 KK yang mengalami kekurangan air bersih dengan kerusakan pada sistem pipa sejauh 4 KM. Jumlah warga yang kekurangan air bersih mencapai 612 KK.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *