Desa Tongauna di Koltim, Akan Segera Miliki Areal Persawahan

Meskipun Terletak di Wilayah Terjauh, Pembangunan Sawah di Desa Tongauna Akan Selesai

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Desa Tongauna, bersama dengan Desa Puurau, yang terletak di daerah paling terpencil dan berdataran tinggi di Kecamatan Ueesi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), akan segera memiliki areal persawahan.

Desa Tongauna, yang telah menjadi tujuan program transmigrasi dalam beberapa tahun terakhir, kini tengah menjalani proses pembangunan areal persawahan.

Menurut data dari tim yang sedang bekerja pada proyek percetakan sawah ini, luasnya mencapai 100×75 meter per blok. Saat ini, sedang dilakukan pembangunan 80 blok sawah yang tersebar di tiga lokasi di dalam desa.

“Besar potensi sawah kami di sini sungguh luar biasa. Secara total, terdapat potensi sawah seluas 3.065 hektar di Desa Tongauna dan Desa Puurau yang berdekatan. Artinya, jika semua ini terwujud, produksi padi di sini akan meningkat secara signifikan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sini,” ujar Bupati Koltim Abd Azis SH MH saat meninjau proyek pembangunan sawah di Desa Tongauna baru-baru ini. Turut hadir Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis AMa dan pihak terkait.

Dengan proses pembangunan sawah yang sedang berjalan, Bupati memperkirakan bahwa pada akhir November tahun ini, sawah ini sudah dapat digunakan dan dikelola oleh para pemilik lahan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Koltim, Bio Mansur SPd MSi, yang turut mendampingi bupati, mengungkapkan bahwa rencana pembangunan sawah ini telah direncanakan sejak tahun 2021, namun baru terealisasi pada tahun 2023 ini.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *