KH Abdurrahman Al Banjari Sambangi Rutan Unaaha, Sampaikan Pesan Inspiratif

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Dalam rangka safari dakwah di Lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham di Seluruh Indonesia, K.H. Abdurahman Al Banjari memberikan motivasi dan pembekalan iman kepada warga binaan di Masjid Al-muhajirin Rutan Kelas IIB Unaaha pada Rabu (20/9/2023). Safari Dakwah ini turut dihadiri oleh pejabat struktural bersama seluruh warga binaan Rutan Kelas IIB Unaaha.

Pada kesempatan tersebut, K.H. Abdurahman Al Banjari menyampaikan motivasi dan syiar Islam dengan tema “Memperbaiki Diri dengan Introspeksi.” Dalam tausiahnya, beliau berbicara tentang bagaimana manusia dapat memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT untuk memperbaiki diri dari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan.

Abdurahman Al Banjari mengutip pesan sahabat Rasulullah Umar bin Khatab, “Koreksilah diri kalian semua sebelum kalian dikoreksi (dihisab). Timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang. Dan hiasilah diri kalian (dengan amal ibadah) untuk pagelaran agung (hari kiamat) kepada Allah ta’ala. Pada hari itu kalian semua dihadapkan, dan tidak ada sesuatu yang samar dari kalian.”

Ia menjelaskan bahwa pesan ini memberikan arahan dan pedoman bagi kita semua untuk menjalani kehidupan di dunia. Maksud dari.

“Koreksilah diri kalian adalah agar kita berhati-hati dalam tindakan, perbuatan, dan perkataan kita, bahkan untuk tidak melakukan apapun sebelum kita benar-benar yakin akan kebenarannya. Hal ini membuat setiap tindakan kita memiliki nilai dan tidak sia-sia,” ujarnya.

Pengajian ini tidak hanya sarat akan hikmah, tetapi juga diselingi dengan canda tawa, menghibur dan memotivasi para warga binaan untuk merefleksi diri. Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Ustadz Abdurrahman.

Ustadz Abdurrahman Al Banjari menjelaskan bahwa safari dakwah yang ia lakukan telah mengunjungi berbagai Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia. “Ini merupakan kegiatan Safari Dakwah yang Ke-352 di lapas dan rutan, dan Sulawesi Tenggara adalah provinsi ke-19 yang saya kunjungi. Sebelumnya, kami juga sudah mengunjungi lapas dan rutan di Kalimantan Timur. Sekarang di Unaaha, dan insyaAllah setelah ini akan ke Rutan Kolaka,” paparnya.

Ustadz Abdul Rahman menyampaikan tausiyah tentang meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, kesabaran, dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa dalam kehidupan.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha, Herianto, mengapresiasi kedatangan KH Abdurrahman Al Banjari. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi rohani yang positif bagi para narapidana di Rutan Unaaha, agar menjadi individu yang lebih taqwa dan berkualitas di masa depan.

“Kedatangan ustadz KH Abdurrahman Al Banjari kali ini sangat kami apresiasi. Beliau dikenal oleh narapidana di Indonesia karena sentuhan dakwahnya yang mempengaruhi berbagai lapas dan rutan di tanah air,” jelasnya.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *