Barisan Sekretariat DPRD Konawe Tampil Anggun Kenakan Gaun Berbahan Sampah

Rubriksatu.com, KONAWE – Memeriahkan HUT RI ke-78 tahun 2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe dan ormas/umum.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, mengadakan acara Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga kelompok masyarakat umum. Porseni tersebut diadakan dengan tujuan untuk mempromosikan semangat olahraga dan seni dalam menyatukan masyarakat Konawe.

Pada hari Selasa, 15 Agustus 2023, sebanyak 106 barisan ambil bagian dalam lomba Gerak Jalan Tematik sejauh 8 kilometer. Kegiatan ini diresmikan oleh Asisten III Setda Konawe, Ir. H. Burhan, M.Si. Tahun ini, pihak penyelenggara memutuskan untuk memberikan nuansa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Para peserta diberi tantangan untuk berpartisipasi dalam gerak jalan dengan kostum yang unik, yang seluruhnya terbuat dari sampah rumah tangga yang didaur ulang menjadi karya seni yang menarik.

Kreativitas dan inovasi tim-tim peserta terlihat dalam berbagai kostum yang digunakan. Sampah yang sebelumnya tak memiliki nilai ekonomis berhasil diubah menjadi pakaian yang elegan, layaknya busana dalam sebuah lomba Fashion Show.

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe turut ambil bagian dengan tampilan yang sangat unik. Dalam acara ini, mereka mengenakan gaun dengan tema “Penghempasan Sampah” yang didesain oleh Kasubbag Persidangan DPRD Konawe, Misnawati, MM. Sekretaris DPRD Konawe, Sumanti, S.Sos, bertindak sebagai penata gerak dalam barisan tersebut.

Menurut Sumanti, pakaian dari Sekretariat DPRD ini terbuat dari karung bawang sebagai bahan dasar, yang kemudian dimodifikasi dengan bahan-bahan seperti kantong plastik, tutup kue, pipet, dan gelas minuman es buah. Semua bahan ini sering digunakan dalam rapat-rapat DPRD untuk menyelesaikan aspirasi masyarakat.

Tati, sapaan akrab Sekwan Konawe, mengungkapkan bahwa gaun tersebut dijahit dengan benang kasur menggunakan jarum tangan, menciptakan karya yang mudah, murah, dan elegan.

“Jadi gaun ini dinamakan “Gaun Penghempasan Sampah,” ucapnya.

Tati juga menyoroti kelebihan gaun tersebut, yang tidak hanya unik tetapi juga tahan air dan tahan panas. Ia berharap kreativitas dari Sekretariat DPRD akan mendapatkan penghargaan tertinggi dari Dewan Juri.

Sekwan Konawe, Sumanti, S.Sos, M.Si, menegaskan bahwa kebersihan merupakan prinsip utama di lingkungan DPRD Konawe. Keterlibatan dalam acara seperti ini merupakan dukungan terhadap visi dan misi pemerintah Kabupaten Konawe yang dicanangkan oleh Bupati KSK dan jenderal ASN Dr. Ferdinand Sapan, SP, MH.

“Dengan menjaga kebersihan di lingkungan kerja, diharapkan para ASN dapat menjalankan tugas dengan nyaman dan efisien,” pungkasnya.

Dengan semangat merayakan HUT RI ke-78 tahun 2023, Porseni Kabupaten Konawe telah mempertunjukkan kreativitas dan semangat yang menginspirasi, menunjukkan bahwa melalui inovasi dan kerja sama, sampah pun dapat menjadi sumber kreasi yang tak terbatas.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *