Pemdes Kapoiala Baru Laksanakan Penyuluhan Perikanan Guna Mendukung Ketahanan Pangan

Advertisements

 

Rubriksatu.com, KONAWE – Pemerintah Desa (Pemdes) Kapoiala Baru menggelar kegiatan penyuluhan perikanan dengan fokus pada budi daya ikan air tawar sebagai upaya untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bagian dari Musyawarah Desa perencanaan anggaran dana desa tahun 2024. Acara tersebut berlangsung pada Sabtu (29/7/2023) di Desa Kapoiala Baru.

Supriono, yang mewakili Dinas Perikanan Kabupaten Konawe, menjadi pemateri dalam kegiatan penyuluhan ini. Dalam penjelasannya, ia menyampaikan pentingnya pembangunan kelautan dan perikanan sebagai bagian integral dari pembangunan ekonomi secara keseluruhan.

Pengembangan sektor perikanan diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang maju, efisien, dan tangguh serta meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya tambak dan nelayan.

Peningkatan produksi dan produktivitas usaha perikanan menjadi salah satu fokus untuk mencapai swasembada pangan berprotein hewani. Dalam hal ini, pengembangan kegiatan perikanan budidaya atau akuakultur menjadi langkah yang diambil untuk meningkatkan produksi perikanan.

“Bandeng dan udang dipandang sebagai komoditas utama dalam hasil budidaya ikan di tambak dengan potensi pengembangan yang besar di hampir seluruh lahan pantai di Indonesia,” jelasnya.

Kades Kapoiala Baru, Muh Abdul Majid, turut memberikan penjelasan terkait upaya pemerintah desa dalam mendukung sektor perikanan dan ketahanan pangan di desa mereka. Melalui musyawarah desa perencanaan anggaran dana desa tahun 2024, diharapkan akan tercipta langkah-langkah strategis untuk lebih mengembangkan sektor perikanan di Desa Kapoiala Baru.

“Dengan adanya kegiatan penyuluhan perikanan ini, diharapkan masyarakat desa dapat lebih paham dan terlibat aktif dalam upaya menjaga sumber daya perikanan, meningkatkan produksi, dan berkontribusi pada ketahanan pangan daerah. Semoga langkah ini membawa dampak positif bagi perkembangan sektor perikanan di Desa Kapoiala Baru serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” tutup Abdul Majid.

Hadir dikegiatan tersebut, perwakilan dari Polsek Bondoala Aipda Romy, yang menjadi pemateri dalam sosialisasi. Bhabinsa Serka Fisabilillah juga turut hadir mewakili Danramil 1417-07/Sampara. Selain itu, Kades Kapoiala Baru, Muh Abdul Majid.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *