Hasil Survei JSI Terkait Kepemimpinan di Konawe: RD-FPK Unggul dalam Penerus Estafet Pembangunan

Advertisements

Konawe, Rubriksatu.com – Lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) baru-baru ini merilis hasil survei terkait kepemimpinan di Kabupaten Konawe. Survei tersebut membahas dua hal utama: perbandingan antara kepemimpinan Bupati Kery Saiful Konggoasa (KSK) dengan Penjabat Bupati Harmin Ramba (HR), serta pasangan calon (Paslon) yang dianggap paling layak untuk melanjutkan pembangunan di Konawe.

Hasil survei menunjukkan KSK unggul telak dalam perbandingan kepemimpinan dengan HR. KSK mendapatkan 55,2 persen dukungan, sementara HR hanya memperoleh 27 persen. Sebanyak 17,7 persen responden memilih untuk tidak memberikan jawaban. Namun, Direktur JSI, Popon Lingga Geni, mengakui bahwa perbandingan ini tidak sepenuhnya seimbang, mengingat KSK telah memimpin selama 10 tahun (2013-2023), sementara HR baru menjabat selama 10 bulan (2023-2024).

Meski begitu, survei terkait siapa yang paling layak melanjutkan pembangunan di Konawe memperlihatkan tren yang menarik. Sebanyak 44,3 persen responden memilih pasangan Rusdianto dan Fachry Pahlevi Konggoasa (RD-FPK) sebagai kandidat terbaik untuk melanjutkan estafet kepemimpinan KSK. Paslon Harmin Ramba dan Dessy Indah Rachmat (HADIR) berada di posisi kedua dengan 32,5 persen, diikuti oleh Yusran Akbar dan Syamsul Ibrahim (YA-SYAK) yang mendapatkan 17,7 persen. Sebanyak 5,5 persen responden tidak memberikan jawaban.

Selain itu, elektabilitas RD-FPK mencapai 44,1 persen, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan hasil survei kepemimpinan. Paslon HADIR memperoleh elektabilitas 34,8 persen, sementara YA-SYAK mendapatkan 18,2 persen.

“Selain memiliki elektabilitas tinggi, pasangan RD-FPK juga mendapatkan dukungan dari tokoh berpengaruh seperti mantan bupati KSK dan Lukman Abunawas, yang saat ini mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara. Dukungan ini memberikan pengaruh besar terhadap pilihan masyarakat dalam menentukan calon pemimpin mereka,” ungkap Popon.

JSI sendiri dikenal sebagai lembaga survei yang memiliki pengalaman dan kredibilitas tinggi di Sulawesi Tenggara, dengan jasanya pernah digunakan oleh sejumlah tokoh penting, seperti Gubernur Nur Alam dan Ali Mazi, serta berbagai kepala daerah di Konawe. JSI juga sukses memprediksi hasil Pilcaleg 2024 di Konawe dengan sangat akurat.

Dengan hasil survei ini, publik kini memiliki gambaran lebih jelas mengenai arah dukungan masyarakat Konawe dalam menentukan penerus estafet kepemimpinan daerah tersebut

Laporan redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *