Abd Azis Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan BPD se- Kabupaten Koltim

Advertisements

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Bupati Koltim Abd Azis SH MH resmi mengukuhkan perpanjangan masa jabatan kepala desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Koltim menjadi delapan tahun dalam sebuah acara yang berlangsung di halaman Rujab Bupati Koltim pada Senin pagi (24/6/2024).

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting termasuk Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Ketua Bawaslu Koltim, Anggota KPU Koltim, Anggota DPRD Koltim, tokoh pemekaran, Kepala BPS Sultra, serta pimpinan OPD.

Sebanyak 115 kepala desa se-Koltim hadir bersama pasangan masing-masing, serta lima pengurus BPD dari 117 desa. Namun, dua desa yakni Desa Amokuni Kecamatan Auluiwoi dan Desa Ambapa Kecamatan Tinondo, tidak diwakili karena kepala desa mereka dijabat oleh Pejabat (Pj) desa, dengan pemilihan antar waktu yang direncanakan pada 2025 mendatang.

Advertisements

Dalam sambutannya, Bupati Abd Azis menekankan keberkahan acara ini yang diridhoi Allah SWT, tercermin dari cuaca yang bersahabat. “Ini adalah momen yang sangat baik, karena cuaca sangat mendukung, tidak hujan juga tidak panas. Ini berarti, perpanjangan masa jabatan bapak ibu kepala desa mendapat Ridha Allah SWT yang harus anda pegang dan junjung tinggi dalam membangun masyarakat masing-masing desa,” ucap bupati.

Bupati menekankan bahwa perpanjangan jabatan ini bukan hanya soal posisi, tetapi merupakan panggilan jiwa untuk melayani dan memimpin dengan baik. “Bayangkan diri bapak/ibu sebagai pohon besar yang kokoh dengan akar-akarnya menghujam tanah mencari air dan nutrisi demi kehidupan seluruh pohon. Anda adalah akar bagi desa anda. Tugas bapak/ibu adalah memastikan setiap jengkal tanah subur, setiap warga desa mendapatkan haknya, dan setiap sudut desa merasakan sentuhan pembangunan,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan bahwa kepemimpinan yang kuat dibentuk melalui tantangan. “Dalam perjalanan ini, para kades akan menghadapi berbagai tantangan. Namun ingatlah, besi yang kuat ditempa dalam panasnya api. Jangan pernah takut terhadap kesulitan, karena di dalam setiap tantangan tersembunyi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang,” katanya.

Bupati Abd Azis juga mengajak para kades untuk menjadikan pelayanan kepada rakyat sebagai kompas moral. “Mari kita jadikan pelayanan kepada rakyat sebagai kompas moral kita. Seperti sungai yang mengalir tanpa mengenal lelah untuk memberikan kehidupan kepada setiap makhluk yang dilewatinya, begitu pula hendaknya kita dalam melayani masyarakat,” tuturnya.

Kepemimpinan sejati, masih kata Aziz, bukanlah tentang seberapa tinggi posisi anda, tetapi seberapa besar pengaruh positif yang anda berikan kepada masyarakat yang anda pimpin,” pungkasnya.

Dengan perpanjangan masa jabatan ini, diharapkan para kepala desa dan anggota BPD se-Koltim dapat terus berkontribusi secara optimal dalam membangun dan memajukan desa mereka masing-masing, menuju kesejahteraan dan kemakmuran yang lebih baik.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *