Abd Azis Ingatkan Pentingnya Penyusunan Anggaran Tepat Sasaran

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abd Azis SH MH, menekankan kepada seluruh perencana di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga kecamatan untuk menyusun anggaran dengan tepat sasaran.

Hal ini disampaikan bupati saat membuka bimbingan teknis (bimtek) rencana strategis (renstra) dalam rangka persiapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) dan dihadiri oleh seluruh perencana dari OPD, bagian, serta kecamatan.

Bupati Abd Azis menegaskan bahwa seluruh perencana harus selalu berkoordinasi dan bersinergi dalam menyusun perencanaan agar eksekusi anggaran dapat tepat sasaran dan efisien. Beliau menekankan pentingnya memprioritaskan urusan wajib serta meningkatkan kematangan dalam perencanaan ke depan.

“Saya mengingatkan seluruh perencana untuk menyusun anggaran dengan tepat sasaran. Koordinasi dan sinergi sangat penting agar eksekusi anggaran bisa tepat sasaran dan efisien,” ujar Bupati Abd Azis.

Selain itu, Bupati Abd Azis juga mengingatkan seluruh OPD untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing. Beliau juga menginstruksikan agar dilakukan evaluasi terhadap progress program-program yang telah dijalankan oleh OPD.

Program yang kurang baik diharapkan dapat diperbaiki di masa mendatang. Bupati juga menekankan pentingnya penerapan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 sebagai acuan dalam memajukan daerah.

Kegiatan bimtek tersebut berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (28-29 Mei). Pada hari pertama, Mahardhika Mulya Adi Pamungkas, S.AP, dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, menjadi narasumber dengan materi “Penyusunan Dokumen Perencanaan (RENSTRA) Perangkat Daerah Sesuai Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.”

Pada hari kedua, Rabu (29 Mei), narasumber yang dihadirkan adalah Ir. Rudi Alfian dan DR. Ir. Dail Umamil Asri MT dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan materi “Implementasi Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah.”

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan perencana di semua tingkatan dapat menyusun anggaran yang lebih tepat sasaran, efisien, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, demi kemajuan Kabupaten Kolaka Timur.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *