Gelar Reses Masa Persidangan III, Rusdianto Serap Aspirasi Konstituen

Ketgam: Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto, SE, MM (kemeja Batik) saat menggelar Reses Masa Persidangan III tahun 2024

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Rusdianto, SE, MM menggelar reses III masa persidangan III Tahun anggaran 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Konawe I yang meliputi empat kecamatan yaitu Unaaha, Anggaberi, Wawotobi dan Konawe.

Reses adalah istilah yang merujuk pada kegiatan anggota legislatif di luar waktu sidang untuk berinteraksi langsung dengan konstituennya di daerah pemilihan masing – masing. Diketahui, kegiatan reses DPRD Konawe masa persidangan III dimulai pada Senin 13 Mei 2024.

Wakil Ketua DPRD Konawe Rusdianto menjelaskan bahwa tujuan reses ini dilaksanakan adalah untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihan sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

“Aspirasi masyarakat kami tampung untuk kemudian diperjuangkan agar dapat direalisasikan pada anggaran tahun berikutnya,” kata Rusdianto saat ditemui awak media, Sabtu 18 Mei 2024.

Lebih lanjut Rusdianto menjelaskan bahwa masa reses adalah masa kegiatan DPRD di luar kegiatan masa sidang dan di luar gedung. Masa reses mengikuti masa persidangan, yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun atau 14 kali reses dalam periode 5 tahun masa jabatan DPRD.

“Dengan menggelar reses, anggota DPRD dapat mendengarkan secara langsung apa yang menjadi keluhan di tengah masyarakat. Sehingga, reses ini menjadi penting sebagai sarana menampung aspirasi untuk kemudian diperjuangkan dan dikawal sampai masuk dalam bagian dari program pembangunan daerah,” jelasnya.

Menurut Ketua DPRD Konawe terpilih ini, melalui reses dirinya telah memperjuangkan berbagai program yang menjadi skala prioritas di daerah pemilihan. Dan semua telah direalisasikan, seperti  pembuatan Jalan Usaha Tani, Drainase, Normalisasi sungai, lapangan sepak bola bersama tribun nya, hingga perbaikan rumah – rumah ibadah itu semua adalah hasil reses.

“Dan setiap tahun itu, pokok – pokok pikiran kami anggota DPRD sudah dinikmati masyarakat,” tuturnya.

Selanjutnya, sebagai pimpinan DPRD Konawe dan bagian dari pemerintahan daerah, Rusdianto mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 ini.

Kata dia, pilihan politik boleh berbeda tetapi tali silaturahmi harus tetap terjaga. Sebagai daerah tertua di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara, Rusdianto berharap Konawe bisa menjadi contoh daerah lain dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

“Kita jadikan pilkada Konawe ke depan sebagai contoh bagi daerah lain. Pilkada Konawe harus berjalan aman dan damai. Karena pada dasarnya kita semua bersaudara. Siapa pun nantinya yang diberi amanah oleh mayoritas masyarakat Konawe sudah itulah yang akan menjadi pemimpin lima tahun ke depan,” pungkasnya.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *