Ketua DPRD Konawe Mendorong Pemda Berikan Bantuan Cepat untuk Warga Terdampak Bencana

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Akibat cuaca ekstrim beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe mengalami dampak dari bencana alam.

Daerah yang terdampak meliputi Kecamatan Routa, Wonggeduku, Konawe, dan Unaaha. Menyikapi situasi ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe, Dr. H. Ardin, S.Sos., M.Si, mengajak Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe, terutama Penjabat Bupati Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM., beserta seluruh jajarannya untuk segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

Ardin menyampaikan, “Kami mengajak Pj Bupati agar segera memberikan bantuan kepada warga kita yang terkena dampak bencana alam,” di kediamannya pada Selasa (23/1/2024).

Daerah yang terdampak mencakup Kecamatan Routa yang dilanda banjir, Kecamatan Konawe dengan rumah warga yang terhantam angin puting beliung, Kecamatan Wonggeduku juga terkena angin puting beliung, dan Kecamatan Unaaha dengan pohon yang tumbang yang perlu segera dibersihkan.

“Pemerintah kami harapkan segera turun langsung, terutama leading sektor bencana (BPBD) dan dinas terkait,” tambahnya.

Ardin menekankan bahwa masalah anggaran tidak perlu menjadi hambatan, pemerintah dapat menggunakan anggaran khusus bencana yang telah disiapkan untuk mengatasi situasi genting seperti ini.

“Kita bisa menggunakan dana bencana yang sudah tersedia. Masyarakat membutuhkan bantuan kita, olehnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membantu,” tutup Ardin.

Sebelumnya, sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe mengalami dampak dari bencana alam Angin Puting Beliung pada Senin (22/1/2024).

Angin disertai petir dan hujan menyebabkan kerusakan rumah warga, pohon tumbang, dan putusnya kabel listrik milik PLN di Unaaha. Warga yang terdampak bencana terpaksa mengungsi ke rumah keluarga mereka untuk sementara waktu.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *