Memikat Dengan Tenunan Khas: Bupati Koltim dan Istri Berjaya di Karnaval Sultra 2023

Advertisements

KENDARI, RUBRIKSATU.com – Sultra Tenun Karnaval 2023 mengalami sorotan istimewa ketika Bupati Koltim, Abd Azis SH MH, bersama istri tercinta, Hartini Azis AMa, menghiasi perhelatan dengan pesonanya.

Dalam tema “Legenda Sultra”, keduanya menghadirkan keindahan motif Sorume, menjadi sorotan utama di depan ribuan penonton yang memadati Depan Kantor Walikota Kendari, Sabtu malam (2/11/2023).

Dalam acara yang diresmikan oleh Pj. Gubernur Sultra, Komjen Pol (P) D (HC) Andap Budhi Revianto SIK MH, Bupati Koltim memamerkan tenunan khas Kabupaten Konawe Timur, mempesona para tamu undangan dan warga yang memadati lokasi. Tidak hanya memamerkan, peragaan busana dengan motif Sorume turut melengkapi kemegahan penampilan.

Pj. Gubernur Sultra, dalam sambutannya yang dikutip dari laman Facebook PPID Utama Provinsi Sultra, menggarisbawahi makna mendalam dari acara Sultra Tenun Karnaval. Andhap menjelaskan bahwa tenun bukan hanya sebatas selembar kain, melainkan karya seni yang memperlihatkan kekayaan pengetahuan, budaya, kepercayaan, lingkungan hidup, dan sistem sosial masyarakat Sulawesi Tenggara.

Advertisements

“Tenun Sulawesi Tenggara menggambarkan harmoni dari keberagaman,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Gubernur juga menegaskan pentingnya melindungi warisan budaya tersebut, dan merinci langkah-langkah konkrit yang perlu diambil oleh pemerintah daerah.

Pj. Gubernur Sultra menugaskan dinas terkait, termasuk bupati dan walikota, untuk memperbaiki data sebaran perajin tenun di Sultra. Data ini akan dihitung dan disampaikan, kemudian dijadikan dasar untuk menyusun program-program yang dapat memperkuat pengrajin tenun di Sultra.

“Tenun adalah gambaran kesabaran rajutan Taman Sari Indonesia yang berbhinneka tunggal Ika,” tambahnya. Dalam kapasitasnya sebagai Pj. Gubernur dan Sekjen Kemenkumham RI, ia menekankan perlunya perlindungan dan dukungan yang konkret untuk para pengrajin tenun Sultra.

Di akhir sambutannya, Pj. Gubernur Sultra menyampaikan bahwa langkah pertama adalah mendaftarkan tenun untuk memudahkan fasilitasi. Dengan semangat melindungi dan mengembangkan warisan budaya, Sultra Tenun Karnaval 2023 semakin memperkaya khasanah seni dan kearifan lokal.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *