Upacara Pembukaan Latihan Kerja Bintara Polri di SPN Anggotoa

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar upacara pembukaan Latihan Kerja (Latja) sekaligus serah terima kepada 267 siswa Diktukba Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2023 di lima Polres di Wilayah Hukum Polda Sultra.

Kepala SPN Anggotoa, KBP Ari Varian, memimpin upacara tersebut yang dihadiri oleh pejabat utama SPN Polda Sultra Anggotoa, Kabag SDM Polres Konawe Kompol Masrian, Perwira Bintara, dan Pegawai Negeri Sipil. Upacara berlangsung di halaman Tribrata SPN Anggotoa pada Senin, 12 November 2023.

Ari Varian dalam sambutannya menyatakan bahwa Latihan Kerja ini merupakan awal dari rangkaian pelatihan untuk siswa Diktukba Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2023. Latja akan dilaksanakan di Polres-Polres yang telah ditunjuk sebagai tempat latihan.

“Latihan kerja ini bertujuan agar siswa memahami tugas pokok dan fungsi kepolisian di wilayah. Hal ini akan menjadi bekal ketika siswa terjun kelapangan sebagai anggota kepolisian Negara RI,” kata Ari Varian.

Dalam Latja, para siswa akan menerima materi fungsi teknik kepolisian yang akan dibimbing dan didampingi langsung oleh pengasuh dan para mentor. Ari Varian menekankan agar siswa melaksanakan latihan dengan baik sebagai modal dalam melaksanakan tugas sebenarnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

“Kegiatan ini adalah ilmu terapan yang dapat diaplikasikan dalam kepolisian setelah siswa dilatih. Kami berharap para siswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan benar,” ungkap Ari Varian.

Dalam pelaksanaan Latja, siswa diingatkan agar tidak melakukan pelanggaran apapun. Penilaian akan diberikan sesuai dengan intelektual dan disiplin. KBP Ari Varian juga menyoroti potensi pelanggaran yang bisa terjadi selama kegiatan ini.

Sementara itu, Kakorsis SPN Anggotoa, Kompol Dedi Hartoyo, menjelaskan bahwa 267 siswa akan melaksanakan Latja mulai 13-26 November. Setiap Polres yang ditunjuk sebagai lokasi Latja masing-masing akan menerima sebanyak 60 siswa SPN Anggotoa.

Polres yang menjadi tempat pelatihan kerja antara lain Polres Kendari, Polres Konawe, Polres Kolaka, Polres Konawe Utara, dan Polres Konawe Selatan. Pelaksanaan Latja diharapkan dapat memberikan bekal dan pengalaman praktis bagi siswa dalam menjalankan tugas di lapangan.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *