Dekranasda Rancang Pembentukan “Kampung Tenun” Ameroro untuk Kesejahteraan Masyarakat

Advertisements

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Trinop Tijasari Harmin menggagas pembentukan “Kampung Tenun” Ameroro di Desa Ameroro Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut diungkapkan oleh Trinop Tijasari Harmin saat mengikuti rapat koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe di lantai 2 aula gedung H. Ardin, Senin 30 Oktober 2023.

Wacana pembentukan “Kampung Tenun” tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, hasil tenun yang selama ini dipakai oleh masyarakat Konawe itu berasal dari Usaha Tenun Ameroro dan mirisnya masyarakat Konawe belinya di Kota Kendari.

“Kenapa Kampung Tenun Ameroro perlu dibentuk? Karena selama ini daerah kita yang produksi kain adat tetapi masyarakat kita membelinya di Kendari. Kenapa bukan kita yang pasarkan, daerah lain yang membeli ke Konawe,” katanya.

Menurut Trinop, dengan pembentukan Kampung Tenun Ameroro tersebut, generasi muda kita khususnya kaum perempuan bisa mendapatkan kesempatan kerja sampai mereka mampu untuk menjalankan usaha sendiri.

“Ini juga bisa menggerakkan perekonomian keluarga mereka,” kata Trinop.

Mendengarkan pemaparan dari Ketua Dekranasda Konawe, DPRD pun memberikan apresiasi dan siap memberikan dukungan anggaran terkait rencana pembentukan Kampung Tenun Ameroro tersebut.

“Ini gagasan yang luar biasa dari Ibu Ketua Dekranasda dan perlu mendapatkan dukungan,” ucap Ketua Komisi III DPRD Konawe H. A. Ginal Sambari.

Diketahui, Rapat Koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Konawe H. Ardin dan dihadiri oleh Ketua Komisi III H.A.Ginal Sambari, Ketua Komisi I H. Gamus beserta sejumlah anggota. Turut hadir pula Kadis P3A Konawe, Kadis Perindagkop, serta Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Konawe.

Usai rapat, Ketua Dekranasda Trinop Tijasari Harmin bersama Ketua Komisi III DPRD dan anggota langsung turun lapangan melakukan peninjauan di lokasi kerajinan tenun Desa Ameroro Kecamatan Uepai.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *