Pemda Koltim Bantu Petani di Desa Lara dengan Benih Sayuran dan Ikan

KOLTIM, RUBRIKSATU.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Koltim telah memberikan bantuan berupa benih sayuran dan ikan kepada masyarakat di Desa Lara, Kecamatan Tirawuta, pada Kamis (5/10/2023).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Koltim, Dr. Ir. Idarwati, MM, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya penanganan dan pencegahan stunting, serta untuk mengendalikan inflasi yang terjadi merata di seluruh wilayah Indonesia.

“Penyerahan bantuan ketahanan pangan berupa bibit sayuran, bibit ikan, dan sarana pendukung budidaya ini dilakukan dalam rangka menekan inflasi dan mengurangi kemiskinan ekstrim serta mencegah stunting di Kabupaten Kolaka Timur. Ini adalah upaya bersama dengan Ibu Ketua TP Tim Penggerak PKK Kolaka Timur, Hartini Azis AMa, beserta anggota PKK,” kata Idarwati.

Lebih lanjut, ia menjelaskan,  kegiatan ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Ketahanan Pangan dan juga merupakan arahan Presiden RI. Oleh karena itu, Pemda Koltim yang dipimpin oleh Bupati Abd Azis SH MH, bergerak cepat untuk mengatasi inflasi ketahanan pangan di daerah ini.

“Kami juga telah melaksanakan pasar murah yang akan diselenggarakan di 12 kecamatan. Dengan cara ini, kami dapat mencegah lonjakan harga beras pangan yang signifikan dan membagikannya kepada masyarakat. Kami berharap agar di Desa Lara, masyarakat tidak hanya berfokus pada sektor pertanian, tetapi juga sektor perkebunan, perikanan, dan peternakan,” ujarnya.

Hal ini akan memungkinkan produksi makanan yang beragam dan bergizi. Oleh karena itu, partisipasi aktif masyarakat dalam produksi sangat penting, mengingat Desa Lara memiliki potensi dalam holtikultura, perikanan, dan peternakan.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *