Pemprov Sultra Usulkan Abdul Azis Sebagai Bupati Definitif Kolaka Timur

KENDARI, RUBRIKSATU.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana mengusulkan Abdul Azis, Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim), sebagai Bupati definitif Koltim kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Sekretariat Daerah Sultra, Muliadi, menyampaikan bahwa saat ini pengusulan tersebut masih dalam tahap pemeriksaan kelengkapan administrasi di pimpinan, yaitu Penjabat (Pj) Gubernur Sultra.

Muliadi menjelaskan bahwa pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kelengkapan dokumen administrasi sebelum diserahkan ke Kemendagri RI.

Penetapan Abdul Azis sebagai Bupati definitif Koltim dilakukan setelah Kemendagri mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian secara tidak hormat terhadap Bupati Koltim, Andi Merya, yang tersandung kasus korupsi. Keputusan ini diterbitkan pada tanggal 3 Juli 2023.

Muliadi menambahkan bahwa setelah SK penetapan bupati definitif diterbitkan oleh Kemendagri, akan ada pelantikan resmi.

Dalam sejarah sebelumnya, Abdul Azis telah dilantik sebagai Wakil Bupati Koltim untuk sisa masa jabatan 2021-2026 dan mendapatkan mandat sebagai Plt Bupati Koltim berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.132.74/5155 Tahun 2022. (EI)

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *