Dua Karateka Sultra Lolos ke PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024

KENDARI, RUBRIKSATU.COM – Federasi Karate-Do Indonesia (Forki) Provinsi Sulawesi Tenggara telah berhasil meraih prestasi gemilang dengan meloloskan dua karateka, satu putri dan satu putra, ke PON XXI yang akan diselenggarakan di Sumatera Utara – Aceh pada tahun 2024.

Ketua Pengprov Forki Sultra, Jannie Aldrin Siahaan, mengumumkan bahwa perolehan dua tiket untuk PON XXI Aceh-Sumut menempatkan Forki Sultra pada posisi ke-8 dari total 38 kontingen se-Indonesia.

Prestasi gemilang ini dipersembahkan oleh dua karateka, yaitu Isra Miranti (-55 Kg) dan Muhammad Jabar Hamidan yang bertanding di kelas -75 Kg. Keduanya berhasil meraih tiket PON setelah berjuang dengan gigih dalam arena Pra-PON di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada tanggal 25-28 Agustus 2023.

“Rasa haru dan bangga menyelimuti insan karate Sultra atas sukses merebut tiket PON. Ini hasil perjuangan panjang dan melelahkan mulai dari Training Centre (TC) hingga bertarung di atas matras,” ungkap Jannie dengan penuh kebanggaan.

Meskipun peluang bagi 19 karateka duta Sultra yang berpartisipasi dalam Pra-PON cukup terbuka, faktor tuan rumah turut mempengaruhi hasil pertandingan. Ketidakmampuan karateka dalam berkompetisi dengan pesaingnya menjadi suatu pertimbangan penting dalam hasil akhir.

“Keikutsertaan karateka nasional yang berlatih intensif di Pelatnas memberikan keunggulan bagi mereka. Karateka daerah harus menghadapi batu sandungan ini,” jelas Jannie.

Faktor keberpihakan wasit dan panitia dalam memimpin pertandingan kepada karateka yang berasal dari Pelatnas dan tim tuan rumah menjadi sorotan bagi para peserta dari daerah lain.

Dalam konteks ini, Forki mengharapkan dukungan penuh dari pemangku kepentingan olahraga di Sultra untuk masa depan yang lebih baik.

“Kami telah melewati tahap Pra-PON dengan berbagai tantangan. Keringat para atlet dan pelatih telah mengalir demi membawa nama baik Sultra,” tambahnya.

Pengalaman dari Pra-PON menjadi pelajaran berharga bagi pemangku kepentingan olahraga di daerah ini, yang diharapkan dapat mempersiapkan para atlet sebaik mungkin untuk meraih prestasi terbaik di PON Aceh-Sumut 2024.

Saat ini, Tim Forki Sultra tengah berada di Rindam Banjarmasin untuk persiapan kepulangan ke Sultra, menunggu koordinasi pembelian tiket pesawat dari KONI Sultra.

Forki Sultra juga ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, baik dalam bentuk doa, dukungan moral, maupun dukungan finansial. Dukungan tersebut telah memungkinkan tim karate Sultra untuk tampil di Pra-PON Kalimantan Selatan.

Karateka Isra Minarti, yang berhasil merebut tiket PON XXI, mengaku merasa bangga karena persaingan di ajang Pra-PON sangatlah ketat.

“Sejak awal berlatih, saya telah berkomitmen untuk meraih tiket PON. Saya sangat bersyukur bahwa usaha kami terbayarkan,” kata Isra.

Isra juga mengharapkan agar KONI dapat mempersiapkan para atlet dengan sebaik-baiknya, mengingat persaingan antara para karateka di PON Aceh-Sumut diperkirakan akan lebih ketat.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *