Koperasi Produsen Agrindo Besulutu Gelar Rapat Anggota Tahunan 2023

Advertisements

KONAWE, Rubriksatu.com – Koperasi Produsen Agrindo Besulutu Kabupaten Konawe menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023 sebagai agenda rutin di salah satu hotel di Kota Unaaha, Kamis, 11 Juli 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, H. Muh. Nur, dan dihadiri oleh Manajemen PT Utama Agarindo Mas (UAM), serta segenap pengurus, pengawas, dan anggota Koperasi Agrindo Produsen Besulutu.

Diketahui, Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kewajiban setiap koperasi yang telah ber-Badan Hukum. RAT dijadikan media untuk menyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas di hadapan seluruh anggota secara langsung.

Ketua Koperasi Agrindo Produsen Besulutu, Rusdianto, SE, MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa petani plasma saat ini berharap penghasilan lebih memadai sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para anggota.

Advertisements

“Setelah berjalan kurang lebih empat tahun, Koperasi Agrindo Produsen Besulutu ini sudah memiliki modal usaha sebesar Rp. 400 juta,” kata Rusdianto.

Wakil Ketua DPRD Konawe ini mengklaim Koperasi Agrindo Besulutu merupakan salah satu koperasi produsen terbaik di Kabupaten Konawe, karena telah mendapat penghargaan dari Kementerian Koperasi dan telah mendapatkan nomor induk.

“Meski begitu, Koperasi Agrindo Besulutu belum mampu memenuhi kebutuhan seluruh anggota petani plasma,” ujarnya. “Saat ini pinjaman masih diprioritaskan kepada anggota plasma,” tambahnya.

Ke depan, Rusdianto berharap pihak manajemen perusahaan sawit, khususnya PT Utama Agrindo Mas Besulutu, memberikan informasi berkala kepada pengurus Koperasi Agrindo Produsen Besulutu sehingga pengurus dapat memberikan penjelasan secara lengkap kepada seluruh anggota.

“Koperasi dan perusahaan harus ada keterbukaan sehingga diketahui apa penyebab naik turunnya produksi dan harga sawit,” tegas Rusdianto, yang akrab disapa RD.

Sementara itu, Kadis Perindagkop dan UMKM Konawe, H. Muh. Nur, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pengurus yang telah melaksanakan RAT Tahun Buku 2023.

“Dari 300 lebih koperasi yang terdaftar di Kabupaten Konawe, baru sekitar 70 yang telah melaksanakan agenda rutin yaitu Rapat Anggota Tahunan. Salah satunya yang melaksanakan RAT hari ini adalah Koperasi Agrindo Produsen Besulutu,” ungkap H. Muh. Nur.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *