Kinerja Penjabat Bupati Konawe Mendapat Apresiasi Dari Presiden Jokowi

Ketgam: Presiden Ir. H. Joko Widodo saat menyapa PJ Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM. Foto: Istimewa

KONAWE, RUBRIKSATU.com – Baru sebulan lebih menjalankan tugas sebagai penjabat (PJ) Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM sudah mendapatkan apresiasi dari Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Apresiasi itu disampaikan oleh Presiden usai Pj Bupati Konawe memaparkan kondisi Konawe dalam dua bulan terakhir.

Diketahui, Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE., MM menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama 179 kepala daerah di Jakarta pada Senin 30 Oktober 2023 lalu. Rakor tersebut dipimpin langsung Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Harmin Ramba menjelaskan kegiatan rakor itu membahas pemantapan penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik serta optimalisasi implementasi proyek strategis nasional.

Kemudian, membahas isu terkait perekonomian, ketahanan pangan, hingga keuangan. Pada kesempatan itu, Presiden didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan Menkeu Sri Mulyani.

Saat rapat kata Harmin, Jokowi menyebutkan jika saat ini kondisi negara sedang tidak baik-baik saja, ini ditandai antara lain perubahan iklim dan perang untuk itu kepala daerah perlu melakukan antara lain kendali inflasi, melakukan penanganan dampak el nino, meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui ciptakan iklim investasi, bantu investor dalam pelayanan perizinan dan jaga iklim investasi.

Para Pj bupati juga diharapkan dapat mendukung program prioritas pemerintah seperti penanganan kemiskinan ekstrem, stunting, hilirisasi industri, ekonomi (hijau & ebt), mendukung kelancaran pemilu seperti tidak intervensi penyelenggara.

“Presiden juga menekankan pentingnya reformasi birokrasi, dengan menyederhanakan prosedur dan tata kelola terutama dalam pelayanan perizinan bagi investor,” kata Harmin, Kamis 2 November 2023.

“Jangan sampai memihak, ASN netralitas, jaga kerukunan di tingkat bawah, kalau ada masalah laporkan ke pusat, masalah yang kecil tangani secara cepat dan tuntas,” tambah Harmin Ramba menirukan ucapan Jokowi.

Selain itu, Kepala Negara juga mendorong pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Bantuan tersebut akan sangat membantu masyarakat.

Menurut Harmin, usai menerima arahan presiden, para Pj bupati kembali ke Kemendagri untuk menerima arahan dari para menteri/kepala lembaga, yaitu Menteri Keuangan, Kepala Bapenas, Menteri PAN-RB, Menteri Pertanian, dan Menteri Kesehatan, selanjutnya diakhiri dengan penutupan Wakil Mendagri.

“Tentunya, sebagai PJ Bupati kami siap menjalankan amanah dan arahan Presiden dengan sebaik mungkin,” pungkas Harmin Ramba.(**)

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *