Bupati Koltim Ikut Penas XVI 2023 di Sumbar

Rubriksatu.com, KOLTIM – Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Abd Azis SH MH, turut serta dalam Pekan Nasional Tani dan Nelayan (Penas) XVI Tahun 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat. Acara tersebut berlangsung di Lanud Sutan Syahrir pada tanggal 10-15 Juni 2023.

Bupati Koltim didampingi oleh Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir SPd MPd, serta Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Koltim.

Dalam rangka penyelenggaraan kegiatan ini, Dinas Pertanian Kota Padang telah menyiapkan 3.000 unit rumah untuk para peserta, yang tersebar di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Koto Tangah, Padang Barat, Padang Utara, dan Nanggalo.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat, Pemerintah Kota Padang telah mengalokasikan anggaran sebesar 6 miliar Rupiah untuk melaksanakan Penas tersebut. Anggaran tersebut akan digunakan untuk persiapan lokasi, keamanan, acara kesenian, pameran, pelayanan tamu, dan pelayanan kesehatan. Jumlah peserta yang hadir mencapai 35.459 orang, terdiri dari peserta utama, peserta pendamping, dan peserta peninjau.

Syahrial Kamat menjelaskan, peserta utama adalah petani yang tergabung dalam kelompok tani, peserta pendamping merupakan peserta dari dinas terkait, dan peserta peninjau adalah kepala daerah.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.

Penas ini dibuka oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, dan dihadiri oleh petani dan nelayan dari seluruh Indonesia, termasuk gubernur, bupati, dan wali kota. Penas telah menjadi forum pertemuan yang berlangsung sejak tahun 1971 dan menjadi bagian yang strategis dalam upaya membangun kesepahaman antara berbagai pemangku kepentingan sektor pertanian dan perikanan.

Laporan Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *